Sukses


Indonesia Unggulan ke-8 di Undian Grup Kualifikasi Piala AFC U-23

Bola.com, Jakarta - Pada Jumat (17/3/2017) jam 14.00 WIB, AFC diagendakan menggelar pengundian untuk kualifikasi Piala AFC U-23 2018. Acara ini akan digelar di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia.

Indonesia dipastikan jadi salah satu peserta turnamen ini. Seperti dilansir dari situs resmi AFC, Kamis (16/3/2017), Indonesia jadi unggulan kedelapan untuk wilayah Asia Timur. Indonesia lantas masuk pot dua bersama China, Vietnam, Myanmar, dan Laos.

Hanya, bila Vietnam mengirim pelatih Nguyen Huu Thang dalam acara pengundian, PSSI tidak akan mengirim wakil ke Kuala Lumpur. Sekjen PSSI, Ade Wellington, menyebut PSSI sedang sibuk mempersiapkan diri jelang uji coba melawan Myanmar. "Kami menunggu kabar saja dari sana," kata Ade.

AFC merilis, kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini diikuti sebanyak 40 negara termasuk Indonesia. Ke-40 peserta itu terbagi jadi dua zona, yakni zona Asia Barat dan Asia Timur, masing-masing 20 peserta.

Asia Barat terdiri dari Irak, Qatar, Uni Emirat Arab, Iran, Yordania, Uzbekistan, Suriah, Arab Saudi, Oman, Tajikistan, Palestina, Bahrain, India, Kirgizstan, Lebanon, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Turkmenistan.

Asia Timur dihuni Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Australia, Thailand, China, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Laos, Malaysia, Timor Leste, Taiwan, Kamboja, Singapura, Mongolia, Hong Kong, Filipina, Brunei Darussalam, Macau.

Masing-masing zona kemudian dibagi lagi dalam lima grup sehingga tiap grup terdiri dari empat tim. 10 tim juara grup dan lima runner-up terbaik berhak tampil di putaran final. 

Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini akan digelar pada 19-23 Juli 2017. Sebanyak sembilan negara jadi tuan rumah fase kualifikasi. Yakni, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Palestina, Kirgizstan, Korea Utara, Thailand, Vietnam, dan Myanmar. Para tuan rumah ini akan dipisahkan dan berada di pot berbeda.

Sementara putaran final pada 2018 akan diputar di China. Secara khusus, China tetap ikut serta dalam fase kualifikasi dan jadi unggulan keenam di zona Asia Timur.

Lantaran jadi tuan rumah, China sudah dipastikan lolos ke putaran final, apapun hasil yang dicatatkan dalam kualifikasi nanti. Hanya, bila nantinya China finis sebagai juara grup atau masuk lima runner-up terbaik, tim yang berada di bawah mereka atau tim di peringkat keenam runner-up terbaik, yang akan mendapat tiket tampil di putaran final.

Di sisi lain, salah satu persyaratan dalam kualifikasi Piala AFC U-23 ini hanya bisa diikuti tim yang dihuni para pemain kelahiran I Januari 1995 dan seterusnya.

Timnas Indonesia U-22 yang dilatih Luis Milla juga terus mempersiapkan diri. Pemusatan latihan digelar Jumat (17/3/2017) hingga 25 Maret 2017 dan pada Selasa (21/3/2017), Evan Dimas dkk. akan menjajal timnas Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Setelah itu pemain dikembalikan ke klub. Pada awal April PSSI kembali mengumpulkan pemain untuk menjalani pemusatan latihan lagi. Timnas Indonesia U-22 direncanakan tampil di Islamic Solidarity Games pada medio Mei 2017 dan dilanjutkan dengan TC di luar negeri, sebelum tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2018. 

 

 

Video Populer

Foto Populer