Sukses


Membedah Rencana Angel Alfredo Vera untuk Persebaya

Bola.com, Surabaya - Angel Alfredo Vera ditunjuk sebagai pelatih baru Persebaya menggantikan Iwan Setiawan yang dipecat beberapa waktu lalu. Tentu, tugas yang tidak mudah bagi pelatih berkebangsaan Argentina ini.

Sebagai juru racik klub dengan nama dan reputasi sebesar Persebaya, tuntutan yang harus dipenuhi Alfredo juga sangat besar. Maklum, tim berjulukan Green Force ini ditarget bisa promosi ke Liga 1 musim depan.

Harapan setinggi langit telah dibebankan di pundak mantan pelatih Persipura di TSC 2016. Alfredo pun harus putar otak agar performa timnya pada laga berikutnya sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan. 

Lantas apa yang akan dilakukan Alfredo agar Persebaya tampil superior sisa laga Liga 2 2017 ini. Berikut petikan wawancara Bola.com dengan Alfredo.

Bagaimana setelah resmi menjadi pelatih Persebaya?

Di satu sisi senang karena saya bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tapi di sisi lain ini tugas yang tidak ringan. Menjadikan Persebaya menjadi tim yang kuat dan mengukir prestasi bagus harus memutar otak dan bekerja ekstra keras.

Apakah Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan tim ini?

Sudah. Sebelum saya menerima tawaran untuk melatih tim ini, saya lebih dulu mempelajari dan mengamati secara mendetail apa yang ada di tim ini. Saya juga mengetahui seperti apa karakter permainan Persebaya seperti yang diharapkan manajemen dan suporter.

Dari pengamatan Anda, apa yang harus dibenahi dari tim ini? apakah Anda akan mengubah permainan Persebaya?

Dalam dua pertandingan terakhir tim ini sudah bermain dengan baik. Saya tidak akan mengubah apa yang sudah menjadi kelebihan tim ini. Hanya ada perbaikan di beberapa kelemahan sebelumnya, agar tim ini bisa tampil lebih baik ke depannya.

Apakah Anda sudah siap dengan konsekwensi buruk yang Anda terima jika dianggap gagal?

Saya datang ke sini, berarti saya sudah siap dengan segala risikonya. Tapi saya membutuhkan dukungan semua pihak agar Persebaya menjadi tim bagus. Asal semua mendukung dan mau bekerja keras untuk menjadikan tim ini lebih bagus, saya yakin Persebaya bisa memenuhi target yang dicanangkan manajemen.

2 dari 2 halaman

Karakter Persebaya


Secara khusus, karakter tim seperti apa yang ingin Anda bangun?

Saya ingin tim ini bermain ngotot, mempunyai hasrat besar untuk memenangkan pertandingan, dan bermental kuat. Saya juga membuat pakem permainan yang musti dijalankan pemain di setiap pertandingan, pakem permainan khas Persebaya. Dengan begitu, melawan tim apa pun, kami bisa tampil stabil dan tidak mudah didikte lawan karena kita punya pola yang sudah paten.

Harapan Anda pada Persebaya pada akhir musim nanti?

Kami tentu berharap yang terbaik dan bisa membawa tim ini promosi ke kompetisi kasta yang lebih tinggi musim depan.

Bagaimana pandangan Anda tentang Bonek Mania?

Bonek adalah suporter yang luar biasa. Mereka salah satu suporter besar yang bisa memberikan kekuatan besar pada tim ini. Jika mereka memberikan dukungan penuh pada Persebaya di setiap pertandingan, tentu akan menjadi keuntungan bagi kami.

Saya tahu, Bonek adalah suporter militan yang sangat fanatik kepada Persebaya. Mereka tidak pernah rela jika timnya terpuruk. Siapa pun yang ada di tim ini pasti merasakan betapa dahsyatnya mereka ketika Bonek memberi dukungan atau saat menuntut agar tim ini lebih baik.

Bagaimana sikap Anda jika akhirnya Anda diminta turun oleh Bonek karena gagal mewujudkan ambisi atau tidak sesuai dengan harapan mereka?

Saya tidak mau berandai-andai. Yang saya yakini, selama saya berusaha memberikan yang terbaik, mereka pasti mendukung tim ini. Saya akan berusaha mewujudkan keinginan mereka dengan semua yang saya miliki.

Video Populer

Foto Populer