Sukses


Thailand Hanya Butuh Satu Minggu Latihan jelang Piala AFF U-16

Bola.com, Bangkok - Berbeda dengan mayoritas tim peserta di Grup A Piala AFF U-15 2017 yang sudah mempersiapkan tim jauh-jauh hari, Timnas Thailand U-15 terlihat santai. Tiga hari lalu, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) baru mengumumkan sebanyak 46 pemain yang dipanggil untuk menjalani seleksi.

Selain itu pada saat sama, FAT juga memperkenalkan Salvador Garcia sebagai pelatih kepala Timnas Thailand U-15. Nantinya, Salvador Garcia yang akan memimpin seleksi.

Seperti dilansir dari situs resmi FAT, tugas pertama Salvador Garcia adalah menyiapkan tim yang akan tampil di Piala AFF U-15 2017. Tentu saja, ia juga akan memimpin skuatnya pada ajang yang diikuti 11 negara itu.

Rencananya, ke-46 pemain yang dipanggil itu akan menjalani pemusatan latihan sekaligus seleksi mulai 25 Juni. Pada 1 Juli 2017, melalui FAT, Salvador Garcia akan mengumumkan 23 pemain terpilih yang akan tampil di Piala AFF U-15, 9-22 Juli 2017.

Praktis, hanya tersisa sekitar delapan hari bagi Timnas Thailand U-16 sampai partai pertama di penyisihan Grup A Piala AFF U-15 digelar, untuk mempersiapkan diri. Namun, sang pelatih tak khawatir dengan situasi ini.

Ia yakin bila Timnas Thailand di semua level memiliki fondasi tim yang baik serta para pemain yang dipanggil seleksi memiliki kualitas apik. Hal ini memudahkannya dalam menyiapkan tim.

"Waktu satu pekan, cukup untuk mempelajari perilaku dan kebiasaan gaya hidup anak-anak. Beberapa pemain sudah saya lihat permainannya. Namun, dalam training camp ini saya ingin melihat lebih detail lagi. TC ini bisa jadi indikator sejauh mana mereka menyerap apa yang kami berikan, apakah mereka memahami masukan yang kami berikan," tutur Garcia.

Menariknya, setelah mengumumkan 23 pemain terpilih pada 1 Juli 2017, sang pelatih memberikan kesempatan bagi pemain untuk pulang dan berkumpul dengan keluarga masing-masing.

"Karena anak-anak juga butuh menghabiskan waktu dengan keluarga dan rekan-rekan mereka. Kami ingin nantinya mereka kembali ke training camp dengan dorongan untuk berlatih dan bermain yang segar. Ke-23 pemain akan kembali ke TC dan bersiap penuh untuk bersiap menghadapi Piala AFF," imbuh Garcia.

Kendati waktu persiapan terbilang singkat, semisal dibandingkan dengan persiapan Timnas Indonesia U-16, Salvador Garcia tetap dibebani target merebut gelar juara. Apalagi Timnas Thailand U-16 di ajang ini berstatus sebagai tuan rumah karena Piala AFF U-15 2017 digelar di Chonburi.

"Kami berkomitmen demi Timnas Thailand. Kami akan melakukan upaya maksimal dan dedikasi tinggi membawa Timnas Thailand mencapai tujuan akhir jadi juara," tegas Gracia.

Di sisi lain, sebagai salah satu pesaing Thailand di Grup A, Timnas Indonesia U-16 tak boleh terlena dengan kondisi di tim tuan rumah. Pasalnya, The War Elephants tetap jadi salah satu lawan terberat yang harus dihadapi, terlepas dari persiapan mereka yang terbilang singkat.

Di Grup A, Timnas Thailand U-15 dan Timnas Indonesia U-16 tergabung bersama timnas U-16 dari negara Australia, Myanmar, Singapura, dan Laos.

 

Video Populer

Foto Populer