Sukses


Timnas U-16 Tak Ciut Nyali Hadapi 3 Lawan Berat di Awal Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 mendapatkan jadwal yang tidak mudah pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 di Thailand, 9-22 Juli 2017. Tim Garuda akan bersua tiga lawan berat yakni Myanmar, Thailand, dan Australia pada tiga laga awal babak penyisihan Grup.

Tim Garuda Muda akan melakoni laga perdana menghadapi Myanmar pada 9 Juli, Thailand (11 Juli) kemudian Australia (13 Juli). Setelah itu, Timnas Indonesia U-16 masih memiliki dua laga sisa penyisihan grup menghadapi Laos (15 Juli) dan Singapura (17 Juli).

Thailand dan Australia berpotensi menjadi batu sandungan bagi tim asuhan Fachry Husaini. Sedangkan Myanmar tetap merupakan lawan sulit bagi Rendy Juliansyah dkk. meski takluk 1-4 pada bentrok terakhir di Tien Phong Plastic Cup 2017.

"Kami tidak terlalu khawatir. Saya yakin di level usia muda, kekuatan setiap tim tidak jauh berbeda," ujar Fachry setelah memimpin latihan tim di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Selasa (27/6/2017) pagi.

"Thailand dan Australia juga mendapatkan jadwal pertandingan yang sama. Artinya, di turnamen ini setiap tim hanya punya waktu istirahat satu hari dan menjalani lima pertandingan dalam 10 hari. Maka itu, aspek teknik, taktik, mental dan kebugaran fisik akan menentukan ," ia menambahkan.

Di sisi lain, Fachry belum mengetahui secara pasti kekuatan Australia. Pelatih berusia 51 tahun ini masih belum mempunyai informasi yang lengkap soal kelebihan maupun kekurangan wakil dari Negeri Kanguru tersebut.

Namun begitu, ia memperkirakan Australia unggul dari segi postur dibandingkan Timnas Indonesia U-16. "Tidak mudah mencari data untuk level usia muda, kecuali ada yang khusus memantau ke sana. Australia mungkin unggul di postur tapi kami punya keunggulan yakni kecepatan dan kekuatan," tukasnya.

Timnas Indonesia U-16 masih melakukan persiapan sebelum berangkat ke Thailand pada awal Juli 2017. Dalam waktu dekat, Tim Garuda Muda juga akan melakukan uji coba lokal sebagai persiapan terakhir tampil di Piala AFF U-15.

 

Video Populer

Foto Populer