Sukses


Pro Duta Tahan Uang Subsidi dari PT Liga Indonesia Baru

Bola.com, Jakarta - Pro Duta mengungkapkan bila PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia, sudah menerima permohonan mereka untuk mundur dari Liga 2 2017 yang saat ini masih bergulir.

Seiring dengan penerimaan keinginan mundur itu, PT Liga Indonesia Baru meminta Pro Duta mengembalikan seluruh kontribusi yang telah diberikan operator kompetisi itu. Hal itu sesuai ketentuan Pasal 13 poin 2 Regulasi Liga 2 2017.

Menyikapi keputusan itu, Pro Duta menyatakan akan mengembalikan dana yang sudah diterima, yakni sebesar Rp 198 juta dari total Rp 500 juta yang dijanjikan PT Liga Indonesia Baru sesuai regulasi Liga 2 2017, namun dengan catatan.

"Pro Duta akan mengembalikan dana tersebut apabila PT LIB juga bertindak tegas terkait klub-klub yang melanggar Regulasi Liga 2 2017," ujar Belinda Siahaan, Sekretaris Umum Pro Duta.

Pro Duta menilai ada ketidakpastian regulasi dan koordinasi administratif yang lemah antara PSSI, liga, dan klub. Hal itu mengacu pada beberapa pelanggaran regulasi yang dilakukan peserta Liga 2 2017, tetapi tidak ditindak PT LIB sehingga tidak ada kepastian regulasi dijalankan.

Semisal pelanggaran regulasi Pasal 6 ayat 2 mengenai tugas dan kewajiban klub peserta yang setuju dan memberikan jaminan untuk bertanding di seluruh pertandingan sesuai regulasi serta jadwal yang telah
ditetapkan PT Liga Indonesia Baru.

Sesuai Pasal 70 dan Pasal 72 mengenai kewajiban finansial klub dan pemenuhan hak pemain, telah terjadi kegagalan kolektif pemenuhan hak pemain lebih dari 90 hari kalender yang mengakibatkan tidak terselenggaranya pertandingan dua kali beruntun, namun klub Liga 2 terkait masih dapat mendaftarkan pemain baru.

Bahkan klub itu disinyalir belum menyelesaikan pemenuhan hak kepada pemain sebelumnya, namun tetap dijadwalkan bertanding oleh PT Liga Indonesia Baru dengan seluruhnya menggunakan pemain baru.

Di sisi lain, Pro Duta justru mendapat panggilan dari Komisi Disiplin PSSI di saat mereka sudah menyatakan mundur dari kompetisi Liga 2. Pro Duta memenuhi panggilan itu, pada sidang yang digelar di Jakarta, 27 Juli 2017.

Seusai sidang itu, Pro Duta terkena sanksi denda Rp 10 juta karena dianggap melanggar Pasal 57 jo Pasal 15 Kode Disiplin PSSI. Para pemain klub berjulukan Kuda Pegasus ini terbukti bertingkah laku buruk dengan melakukan pengejaran dan penyerangan terhadap wasit saat pertandingan melawan Persiraja di Stadion H. Dhimurtala, Aceh, 15 Juli 2017.

"Lantas di mana keabsahan sidang tersebut karena kami sudah mundur sejak 24 Agustus 2017. Kami siap mengembalikan dana yang telah diterima bila ada kepastian regulasi dijalankan," cetus Belinda.

Video Populer

Foto Populer