Sukses


Getuk Beberkan Kunci Arema Kalahkan Barito Putera

Bola.com, Banjarmasin - Arema FC berhasil memperbaiki catatan partai tandang. Di Stadion 17 Mei, Singo Edan mempermalukan Barito Putera 2-1, Rabu (23/8/2017) malam.

Sempat tertinggal lewat gol marquee player Barito Putera, Douglas Packer, Arema berhasil membalikkan keadaan pada babak kedua. Dua gol itu disumbangkan oleh Juan Pablo Pino dan Esteban Vizcarra.

Menurut pelatih Arema FC, Joko 'Getuk' Susilo, kemenangan ini bukan semata-mata faktor strategi. Tapi lebih pada motivasi pemain. "Bagi saya, strategi itu nomor tiga atau empat. Yang utama kemauan pemain untuk menang. Terbukti, sempat tertinggal mereka berhasil bangkit," kata Getuk.

Sebelum pertandingan, tim pelatih juga membuat suasana tim lebih nyaman. Para pemain selalu bercanda, seperti saling guyur air mineral dalam bus sampai menjahili asisten pelatih. "Kalau tim dibuat tegang dan serius sebelum pertandingan, justru mereka akan lebih capek," jelas dia.

Sementara, dari segi teknis, Arema menang karena memperlambat tempo permainan. "Kekurangan kami memang di stamina. Karena recovery lebih singkat. Sedangkan Barito Putera tidak main pekan lalu. Jadi, kami sengaja perlambat tempo. Terlepas dari itu, sekali lagi kemauan pemain untuk menang sangat tinggi," jelasnya.

Arema memiliki sebuah peluang emas pada babak pertama saat Cristian Gonzales mendapat bola liar dari kesalahan umpan kiper Barito Putera, Sahar Ginanjar.

Namun, Gonzales gagal menempatkan bola ke sudut kiri gawang. Setelah itu, permainan berimbang. Namun tuan rumah berhasil memanfaatkan sebuah peluang di pengujung babak pertama lewat Packer.

Saat turun minum, Getuk menginstruksikan timnya tampil lebih menekan. Yang paling terlihat, Juan Pino dkk. lebih efektif saat menyerang, tidak lagi terlalu lama memainkan bola di tengah.

Pergantian mengejutkan juga dilakukan Arema. Pada awal babak kedua, mereka mengganti top scorer tim Cristian Gonzales dengan Dedik Setiawan.

Dari situ terbaca jika Arema ingin mengandalkan serangan balik lebih cepat karena Dedik merupakan tipe striker cepat. Ketika lini belakang Barito mulai panik, Pino dan Vizcarra berhasil menyumbangkan masing-masing satu gol.

Video Populer

Foto Populer