Sukses


Stadion Thuwunna Sepi, Timnas U-19 Tetap Pede Bertanding

Bola.com, Yangon - Suasana di sekitar Stadion Thuwunna, Yangon, venue menggelar pertandingan Piala AFF U-18 2017 yang mempertemukan Filipina Vs Timnas Indonesia U-19 pada Kamis (7/9/2017) sore, tampak sepi.

Dari luar, selain beberapa baliho yang dipasang di pintu masuk  utama, hampir tidak terlihat bila ada event Piala AFF U-18 2017 yang  diikuti 11 negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia serta Myanmar sebagai tuan rumah.

Bisa jadi karena hari ini Timnas Myanmar U-18 tidak bertanding.

Sesuai  jadwal, pada Kamis ini yang bertanding seluruhnya adalah tim tamu, Brunei versus Vietnam di laga pertama yang dimulai jam 15.00 waktu setempat dan Filipina melawan Timnas Indonesia U-19 dengan kick-off jam 18.00 waktu Myanmar. 

Hingga berita ini diunggah Bola.com, suasana masih lengang. Sama sekali tidak terlihat kerumunan suporter di sekitar stadion.

Bunyi-bunyian genderang atau sorakan khas suporter yang memberikan dukungan juga tidak terdengar dari dalam stadion saat laga Brunei vs Vietnam.

Fans dari empat negara yang  bertanding hari ini hampir tidak terlihat. Padahal, secara khusus, selama ini fans Timnas Indonesia dikenal loyal memberi dukungan di manapun Tim Garuda berlaga. Namun, Bola.com belum menjumpai kerumunan suporter Timnas Indonesia U-19.

Soal dukungan suporter yang minim, pelatih Tim Garuda Nusantara, Indra Sjafri, pernah berujar timnya siap dengan segala kondisi. "Sudah menjadi konsekuensi bertanding di negara orang jumlah suporter timnas sedikit.  Tapi para pemain harus terbiasa dengan situasi tersebut," tutur pelatih asal Sumatera Barat itu. 

Bisa jadi sepinya suporter Tim Merah-Putih karena pertandingan digelar di hari kerja. WNI yang tinggal di Yangon rata-rata sibuk dengan pekerjaannya.

Namun, biasanya tetap ada penonton asal Indonesia yang datang ke stadion. Mereka dikerahkan oleh kedutaan. Saat Timnas Indonesi U-23 atau U-19 berlaga di SEA Games 2013 dan Piala AFC U-19 2014 suporter Tim Garuda cukup banyak datang ke stadion.

Saking sepinya, beberapa polisi yang bertugas di event ini terlihat  duduk-duduk santai sambil ngopi dan bercengkerama dengan kolega. Apalagi hujan turun lumayan deras. Mereka juga melepas lelah dalam bertugas.

Meski begitu, pemeriksaan seperti barang bawaan yang dibawa penonton  atau kalangan jurnalis, tetap dilakukan untuk menghindari hal-hal yang  tidak diinginkan.

Saat duel Brunei Vs Vietnam berlangsung Timnas Indonesia U-19 sudah berada dalam ruang ganti di Stadion Thuwunna.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppie Renato dari Yangon, Myanmar)

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer