Sukses


Rudy Keltjes Jagokan Klub Legendaris pada Babak 16 Besar Liga 2

Bola.com, Surabaya - Rudy Keltjes menjagokan klub legendaris berjaya pada babak 16 besar Liga 2 2017 yang mulai berlangsung, pekan ini. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu memprediksi PSMS Medan, PSS Sleman, Persebaya Surabaya, dan PSIS Semarang, akan memenangi persaingan.

"Dari analisis saya, empat tim itu yang akan berkuasa. Bahkan mereka bisa menembus babak akhir sekaligus promosi ke Liga 1 musim depan," ujarnya.

Kalkulasi Rudy berdasar parameter seperti persiapan, materi tim, manajemen, hingga dukungan suporter. "Elemen-elemen itu dimiliki mereka. Saya lihat semua faktor pendukung itu akan jadi pembeda dibandingkan peserta lainnya," katanya.

"Apalagi, mereka klub-klub legendaris yang selama ini tertidur. Musim ini, saatnya mereka bangun dan kembali ke habitatnya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia," ia menambahkan.

Selain faktor itu, mantan arsitek Persepam Madura Utama di Liga 2 itu mengungkapkan sosok pelatih yang memoles klub-klub tersebut juga berpengaruh besar. Ada Subangkit (PSIS), Freddy Muli (PSS), dan Angel Alfredo Vera (Persebaya).
"Sosok pelatih berperan besar atas sukses sebuah tim. Saya amati klub-klub itu punya pelatih berpengalaman dan sebelumnya pernah sukses menangani tim," ujarnya.

Empat tim itu, lanjut Rudy juga sangat siap bila naik kasta ke Liga 1. "Selain empat klub itu, saya belum melihat ada yang paling siap. Jika ingin berkiprah di Liga 1 butuh persiapan matang. Selain dana, manajemen, juga infrastruktur yang bagus. Makanya, klub Liga 2 yang tak siap jangan asal promosi, yang nantinya mati di tengah jalan," ia mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer