Sukses


Saran Syahrian Abimanyu buat Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman

Bola.com, Bekasi - Gelandang bertahan Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyu, mengakui dua rekan setimnya, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman memiliki kemampuan untuk bermain di Eropa.

Menurut pemain yang memiliki pengalaman bermain di Spanyol itu, Egy dan Witan hanya perlu mempersiapkan mental untuk perubahan atmosfer permainan dari Indonesia ke Eropa.

Abimanyu sudah mendapatkan pengalaman bermain di luar negeri sejak 2011. Bersama Jakarta Football Academy, Abi pernah melakukan trial di Inggris dan bermain menghadapi akademi Leicester City, Manchester City, dan Manchester United. Pemain yang akrab disapa Abi itu juga sempat berlatih di Spanyol bersama akademi Valencia.

Pemain yang kini tergabung dalam Timnas Indonesia U-19 itu sudah berseragam Persija Jakarta U-19. Abi mendukung langkah dua rekan setimnya, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman, mencari pengalaman dengan bermain di luar negeri, terutama di Eropa.

Namun, Abi juga memberikan catatan, tantangan bermain di Eropa akan tergantung kepada masing-masing pemain.

"Menurut saya Egy dan Witan memiliki kemampuan untuk bermain di Eropa. Mereka pasti bisa, hanya tinggal bagaimana mereka merespons hidup di sana, mau bekerja keras untuk bisa berkembang dengan permainan di sana. Tentu tantangannya tidak akan mudah," ujar Abimanyu kepada Bola.com.

Ketika diminta untuk memberikan saran kepada dua rekan setimnya yang berpotensi untuk segera bermain di Eropa itu, Abimanyu menyebut mentalitas. Mental jauh dari keluarga dan teman diakuinya jadi hal yang sangat penting untuk dikuatkan selama berkiprah di luar negeri.

"Menurut saya yang perlu dipersiapkan oleh Egy dan Witan untuk bermain di luar negeri adalah mental. Alasannya karena jauh dari keluarga, jauh dari teman. Kemudian juga mental untuk hidup dengan bahasa yang berbeda, gaya hidup yang berbeda, itu semua sangat penting," ujarnya.

Abi juga mendukung agar Egy dan Witan bersedia menjawab tantangan pemain-pemain seusia dari Eropa yang kelak jadi rekan setim keduanya. Mentalitas kembali dibutuhkan dalam hal ini.

"Mentalitas juga dibutuhkan untuk menghadapi teman-teman yang juga berlatih di sana. Tidak sedikit dari mereka yang kadang meremehkan pemain-pemain dari Asia yang mendapatkan kesempatan bermain di sana. Harus bekerja keras untuk itu," ujar gelandang Timnas Indonesia U-19 itu.

Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman memang santer dikabarkan bakal berkarier di Eropa. Kedua pemain tersebut dikabarkan telah bertemu dengan agensi pemain asing yang akan mencarikan klub bagi kedua pemain yang kini tercatat bermain untuk Diklat Ragunan itu.

 

Video Populer

Foto Populer