Sukses


Menpora Mempersilakan Pemain Indonesia Main di Luar Negeri

Bola.com, Yogyakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, angkat bicara terkait polemik pemain Timnas Indonesia yang berkiprah di luar negeri.

Imam mempersilakan pemain Indonesia berkiprah di luar negeri. Namun, ia juga berpesan pemain siap kembali ke Indonesia setiap kali Timnas Indonesia membutuhkan tenaga mereka.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, sempat melontarkan pernyataan pemain berlabel Timnas Indonesia yang akan bermain di liga luar negeri tidak memiliki jiwa patriot dan mata duitan.

PSSI bahkan sempat memanggil enam pemain Timnas Indonesia, empat di antaranya memang akan bermain di luar negeri, yaitu Ryuji Utomo, Evan Dimas, Ilham Udin, dan Andik Vermansah.

Kabar yang santer beredar menyebut ada larangan bagi pemain tersebut untuk bermain di luar negeri, terutama Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn, yang sudah mengikat kontrak bersama klub Malaysia, Selangor FA. 

Menpora Imam Nahrawi memiliki sikap berbeda dengan PSSI terkait polemik itu. Imam Nahrawi mempersilakan pemain bermain di luar negeri mengingat hal itu bagian dari sepak bola profesional. Namun, Imam juga mengingatkan pemain tetap berkomitmen untuk memperkuat Timnas Indonesia ketika dibutuhkan.

"Mereka sudah profesional kan, tidak ada larangan untuk bermain di liga negara lain. Silakan saja," ujar Menpora Imam Nahrawi di sela-sela kunjungan dalam kegiatan Apel Kebangsaan di Yogyakarta, Sabtu (16/12/2017).

"Kami juga tidak bisa melarang pemain timnas untuk main di liga negara lain. Namun, harus dengan catatan, jika mereka dibutuhkan oleh negara, mereka harus pulang," lanjut Menpora.

Sampai saat ini PSSI belum memberikan sikap resmi mereka sehingga persoalan ini masih jadi polemik. Padahal, tidak hanya pemain yang menunggu kepastian, melainkan juga klub mancanegara yang hendak atau bahkan sudah merekrut pemain-pemain bersangkutan.

 

Video Populer

Foto Populer