Sukses


Cerita Keberadaan Hulk di Skuat Arema FC

Bola.com, Malang - Siapa sangka dalam komposisi pemain Arema FC musim 2018 ternyata ada nama salah satu pahlawan super fiksi yang tergabung dalam Marvel Comics , Hulk. Namun, tentu saja bukan tercatat sebagai nama asli melainkan julukan satu di antara pemain. Pemain itu adalah Joko Ribowo.

Sejak memperkuat Barito Putera pada 2014, dia dipanggil Hulk oleh rekan-rekannya. Ketika dia hengkang ke Madura United dan Mitra Kukar, pangilan itu masih tetap menempel.

Nama ini sebenarnya juga dipakai oleh pemain Brasil yang pernah memperkuat FC Porto, Givanildo Vieira de Sousa. Penyerang Brasil itu memang memiliki perawakan yang mirip Hulk. Gempal dan bertulang besar. Tetapi, bagaimana dengan Joko Ribowo?

"Saat di Barito, saya sering latihan angkat beban. Waktu itu sedang rajin membentuk tubuh biar lebih atletis. Yongki Aribowo (striker) yang kemudian mulai memanggil saya Hulk. Sampai sekarang di Arema, terkadang masih dipanggil seperti itu," kata kiper asal Jepara ini.

Saat bergabung dengan Arema, badannya memang tidak segempal waktu masih di Barito karena dia memilih diet dengan pola hidup sehat. Bagi kiper, jika badan terlalu gempal juga memengaruhi kelincahan untuk menepis bola.

"Sekarang memang sudah tidak seperti dulu untuk latihan beban. Tapi, panggilan Hulk sudah banyak yang tahu. Juan Revi dan Jefri Kurniawan yang panggil saya Hulk di Arema," jelasnya.

Joko tidak keberatan dijuluki Hulk atau yang lainnya. Baginya, panggilan seperti itu justru bisa menambah kedekatan sesama pemain.

Di Arema, sebenarnya asisten pelatih Kuncoro sering memberikan julukan kepada pemain baru. Julukan yang diberikan lebih banyak mengarah pada bahan candaan.

Di sisi lain, Joko masih belum mendapatkan julukan baru dari Kuncoro. Maklum, dia belum genap satu bulan di Arema. Kuncoro biasanya memberikan nama 'beken' kepada pemain ketika tim mulai melakukan laga tandang karena hampir setiap waktu para pemain berkumpul dengan tim pelatih kala bermain di kandang lawan.

"Saya sudah dengar kalau di Arema, Pak Kuncoro sering panggil pemain dengan julukan lucu. Kalau bagi saya mau dipanggil apa aja tidak masalah kok. Malah makin cair suasana dengan banyak bercanda," kata Joko.

Video Populer

Foto Populer