Sukses


Profil Timnas Islandia: Ujian Sebelum Piala Dunia 2018

Jakarta Tim Nasional (Timnas) Islandia akan berlaga di Piala Dunia 2018. Untuk mempersiapkan diri berlaga di Rusia, mereka berkunjung ke Indonesia. Kesebelasan berjuluk Strakarnir Okkar (Our Boys) ini melakoni dua partai uji coba di Indonesia

Islandia bakal menghadapi Indonesia Selection pada laga pertama latih tandingnya di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (11/1/2018). Skuat Indonesia Selection dihuni oleh para pemain yang mengumpulkan suara terbanyak berdasarkan hasil pemungutan suara oleh PSSI.

Selang tiga hari kemudian, Timnas Islandia ditantang Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Komposisi pemain Skuat Garuda, julukan timnas, belum diketahui secara pasti sebab masih menunggu pengumuman dari PSSI.

Bukan tanpa alasan Islandia menjadikan Indonesia sebagai destinasi sebelum terjun di Piala Dunia 2018. Terlebih, masing-masing negara akan kecipratan keuntungan dengan berlangsungnya pertandingan persahabatan ini.

Timnas membutuhkan partai uji coba dalam rangka menyongsong Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Melawan Islandia juga bakal menjadi partai persahabatan pertama Skuat Garuda di tahun ini.

"Indonesia merupakan salah satu pasar sepak bola yang besar di dunia dan punya antusiasme suporter yang luar biasa. Laga ini menjadi simbiosis untuk Indonesia yang akan tampil di Asian Games 2018 dan Islandia yang akan bermain di Piala Dunia 2018," ujar Managing Director MediaPro Asia, Lars Heidenreich selaku promotor uji coba ini.

Piala Dunia 2018 menjadi kali pertama Islandia berpartisipasi. Sebelumnya, perjuangan Strakarnir Okkar selalu mentok di babak kualifikasi.

Timnas Islandia tiba di Yogyakarta, Minggu (7/1/2018). (Bola.com/Ronald Seger)

Lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi rentetan kegemilangan Islandia dalam dekade ini. Strakarnir Okkar berhasil mencuri perhatian pada Piala Eropa 2016 setelah sukses melaju ke babak perempatfinal sebelum disingkirkan tuan rumah Prancis.

Pada Piala Dunia edisi pertamanya, Islandia tergabung di Grup D. Lawan-lawan yang akan dihadapi Strakarnir Okkar adalah Argentina, Kroasia, dan Nigeria.

 

 

2 dari 3 halaman

Rekor-rekor Islandia

Pemain timnas Islandia bertepuk tangan usai laga Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Kosovo di Laugardalsvollur, Senin (9/10). Islandia mencatat sejarah sebagai negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia setelah menang 2-0. (AP/Brynjar Gunnarsson)

Selain mencatatkan sejarah dengan pertama kali bertanding di Piala Dunia, Islandia juga mencetak rekor lainnya. Strakarnir Okkar menjadi negara terkecil yang pernah ada dalam sejarah turnamen akbar empat tahunan itu.

Dengan populasi 332,529 jiwa, Islandia menggeser Trinidad & Tobago sebagai negara terkecil yang menjadi peserta Piala Dunia. Negara Kepulauan Karibia tersebut membukukan rekor itu pada Piala Dunia 2006 lalu. Adapun penduduk Trinidad & Tobago berjumlah 1,3 juta jiwa.

Islandia pernah menduduki peringkat dunia tertinggi pada Juli 2017. Kala itu, Strakarnir Okkar menempati posisi 19 ranking FIFA. Pada ranking FIFA per Desember 2017, peringkat Islandia turun tiga tangga menjadi ke-22.

3 dari 3 halaman

Skuat Islandia

Kapten timnas Islandia, Aron Gunnarsson merayakan kemenangan timnya atas Kosovo pada laga Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Laugardalsvollur, Senin (9/10). Menang 2-0, Islandia pertama kalinya tampil dalam gelaran Piala Dunia. (AP/Brynjar Gunnarsson)

Islandia datang ke Indonesia dengan kekuatan lapis kedua. Tidak ada nama-nama pesepak bola yang bermain di kompetisi elit Eropa. Gelandang Everton, Gylfi Sigurdsson tidak dipanggil. Begitu pula sosok kapten, Aron Gunnarsson, yang juga urung disertakan.

Pelatih Hallgrimsson membawa 23 pemain dalam lawatannya ke Tanah Air. Komposisi skuat yang dibawa rata-rata masih berusia muda.

Ragnar Sigurdsson menjadi pemain paling berpengalaman dalam skuat Islandia. Bek berusia 31 tahun ini telah mengoleksi 74 penampilan untuk Strakarnir Okkar.

Berikut 23 pemain Islandia untuk pertandingan uji coba melawan Indonesia Selection dan Timnas Indonesia:

Kiper: Runar Alex Runarsson, Frederik Schram, Anton Ari Einarsson

Belakang: Ragnar Sigurdsson, Sverrir Ingi Ingason, Jon Gudni Fjoluson, Haukur Heidar Hauksson, Holmar Orn Eyjofsson, Hjortur Hermannsson, Bodvar Bodvarsson, Vio Ari Jonsson, Felix Orn Fridriksson.

Gelandang: Arnor Smarason, Arnor Ingvi Traustason, Aron Sigurdarson, Hilmar Arni Halldorsson, Mikael Neville Anderson, Samuel Kari Friojonsson.

Penyerang: Bjorn Bergmann Sigurdarson, Ottar Magnus Karlsson, Kristjan Floki Finnbogason, Tryggvi Hrafn Haraldsson. (Muhamad Adyaksa)

Video Populer

Foto Populer