Sukses


Ini 3 Poin Penting dalam TC Barito Putera di Batu

Bola.com, Malang - Skuat Barito Putera tengah menjalani program training center (TC) di Kusuma Agrowisata, Kota Batu sejak Senin (8/1/2018). Ada 27 pemain yang seharusnya mengikuti TC. 

Namun, ada enam pemain yang masih belum terlihat hingga Rabu (10/1/2018). Mereka adalah Gavin Kwan, M. Riyandi, Rizky Pora, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba dan Douglas Packer.

Jumlah pemain yang absen akan bertambah karena bek Hansamu Yama akan meninggalkan pemusatan latihan karena besok harus bergabung dengan timnas untuk pertandingan lawan Islandia pada 14 Januari di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

”Hansamu besok ke timnas. Tapi Paulo Sitanggang dan Rizky Pora akan datang setelah memperkuat Indonesia Selection,” kata Syarifuddin Ardasa, asisten manajer Barito Putera.

Kendati masih belum lengkap, Barito Putera optimistis bisa menjalankan pemusatan latihan sesuai perencanaan. Ada tiga hal utama yang jadi target tim berjuluk Laskar Antasari ini selama di Batu.

“Tiga hal itu adalah peningkatakan fisik pemain, mengembalikan performa pemain di lapangan dan pembentukan karakter tim,” tegasnya.

Tiga hal tersebut sudah jadi acuan dasar sebuah tim dalam fase persiapan. Tapi tim Barito Putera tahun ini lebih serius. Kali ini mereka memilih persiapan di Kota Batu karena faktor ketinggian lokasi yang bisa untuk meningkatkan stamina pemain.

“Faktor ketinggian lokasi penting untuk melihat stamina pemain. Selain itu di sini kami bisa dapat lawan tanding bagus (Arema FC),” sambung asisten pelatih Barito Putera, Yunan Helmi.

Untuk pemain yang sama sekali tidak mengikuti pemusatan latihan, mereka akan mendapatkan program latihan khusus ketika datang. Pelatih dan manajemen Barito Putera sendiri sudah mengantongi alasan para pemain yang belum datang.

Khusus Gavin dan Riyandi, mereka diberi waktu untuk pemulihan cedera. Gavin cedera retak tulang fibula. Sedangkan Riyandi lebih parah karena harus menjalani operasi lutut. Keduanya mengalami cedera tahun lalu saat memperkuat timnas U-22 dan timnas U-19.

Sementara, Matias dan Packer dijadwalkan tiba di Indonesia menjelang Piala Presiden 2018. Kedua pemain ini yang nantinya akan dapat program latihan tambahan untuk mengejar ketertinggalan fisik mereka.

“Sebenarnya sekarang komposisi pemain Barito Putera sudah fix. Total ada 30 pemain senior dan tiga pemain magang. Kami siap dengan regulasi pemain muda atau marquee player karena komposisinya sudah memenuhi syarat,” sambung Syarifuddin.

Video Populer

Foto Populer