Sukses


Prediksi Persebaya Vs PSMS: Laga Ulangan Underdog Turnamen

Bola.com, Solo - Partai deja vu menghiasi pertemuan Persebaya Surabaya dengan PSMS Medan dalam babak perempat final Piala Presiden 2018 yang dihelat di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/2/2018). Keduanya sudah pernah bersua di partai puncak Liga 2 2017. Hasilnya, Tim Bajul Ijo berhasil menang 3-2 sehingga mengunci gelar juara.

Kali ini, kedua kubu Sudah melakukan banyak perubahan komposisi pemain. Terutama dengan kehadiran pemain asing. Sebab, regulasi Liga 2 tidak memperbolehkan untuk menggunakan legiun impor.

Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera menilai pertemuan keduanya ini akan jelas berbeda dari sebelumnya. Atmosfer, motivasi bermain, dan situasi pertandingan tidak sama dengan pertandingan sebelumnya.

“Kami sudah tambah pemain dan ada pemain baru. Tapi, kami akan bermain seperti biasanya. Kekuatan lawan saya pikir akan hampir sama. Tapi, kita lihat seperti apa pertandingan nanti, pasti akan sedikit berbeda,” kata Alfredo.

Dengan memasuki fase sistem gugur, sangat mungkin pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti. Sesuai dengan regulasi, tidak ada extra time jika skor imbang menghiasi waktu normal.

Alfredo pun menyebutkan bahwa anak asuhnya sudah berlatih melakukan eksekusi penalti. Bahkan, sebelumnya skuat Bajul Ijo pun kerap berlatih penalti meski tidak bersiap dalam sebuah pertandingan fase gugur.

“Kami biasa latihan penalti, bukan karena besok ada kemungkinan penalti, tapi pemain sudah terbiasa latihan. Kami tahu mereka main bagus juga dan bekerja keras. Tapi, kami akan usaha kontrol pertandingan seperti biasanya. Semua lawan pasti berat,” imbuh arsitek asal Argentina itu.

Persebaya Surabaya pun sebenarnya punya modal bagus untuk melakoni laga ini. Mereka datang dengan status tak terkalahkan. Bahkan, terakhir Madura United menjadi korban dengan tumbang 0-1 di laga pamungkas grup C (28/1/2018).

Sayangnya, Tim Bajul Ijo masih punya pekerjaan rumah di lini depan. Mereka kerap membuang peluang saat berada di depan gawang lawan. Hasilnya, hanya empat gol saja yang berhasil dikoleksi selama fase grup.

Lebih lanjut, tidak ada persiapan khusus bagi Rendi Irwan dkk. untuk bisa memenangi pertandingan ini. Sebelumnya, mereka sudah mengasah penyelesaian akhir untuk mengatasi masalah itu. Persebaya pun menargetkan lolos ke babak semi final dengan meraih kemenangan di laga ini.

“Kami sudah siap untuk pertandingan melawan PSMS. Pemain baru mulai adaptasi dengan baik. Saya tidak ingin melihat kekuatan lawan. Kami ingin fokus dengan permainan sendiri. Nanti kita lihat di pertandingan apa yang harus diperbaiki selama berjalan,” tegas pelatih berusia 45 tahun itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Permainan Rap-rap?

PSMS tentu masih menyimpan hasrat besar menaklukkan Persebaya sebagai revans final Liga 2 musim lalu. Pelatih tim Ayam Kinantan, Djadjang Nurjaman mengaku tim asuhannya siap tempur.

"Kami tidak bisa memilih lawan di babak 8 besar Piala Presiden, jadi siapapun lawannya harus siap. Kalau takdirnya bertemu Persebaya, ya suka atau tidak harus kami jalani," ungkap Djadjang.

Persebaya memang perlu diwaspadai oleh seluruh kontestan Piala Presiden. Meski berstatus tim promosi, Bajul Ijo secara mengejutkan lolos sebagai juara grup. Mereka sempat menggasak klub bertabur bintang Madura United dengan skor 1-0. 

Masuknya para pemain Persipura ke tim Persebaya membuat kedalaman skuat asuhan Alfredo Vera bertambah. Sang mentor punya banyak opsi pemain untuk menggeber strategi.

Untuk menambal kekalahan kedalaman skuat, Djadjang Nurjaman telah menyiapkan strategi khusus. Besar kemungkinan kubu Ayam Kinantan bakal bermain keras ala rap-rap untuk meredam aksi individu sejumlah pemain Persebaya.

PSMS bahkan telah mempersiapkan algojo penalti, jika pertandingan harus diakhiri dengan drama tos-tosan.

"Kami juga tidak lupa mempersiapkan secara matang adu penalti. Pemain akan dilatih untuk jitu dalam menembak penalti," imbuh Djanur.

 

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (Kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (Belakang); Nelson Alom, Rendi Irwan, Robertino Pugliara (Tengah); Feri Pahabol, Rishadi Fauzi, Irfan Jaya (Depan)

Pelatih: Alfredo Vera

PSMS (4-3-3): Abdul Rohim (Kiper); Amarzukih, M. Roby, Reinaldo Lobo, Jajang Sukmara (Belakang); Legimin Raharjo, Alwi Slamat, Sadney Urikhob (Tengah); Samuel Sibatuara, Antoni Putro N, Frets Butuan (Depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer