Sukses


Menjuarai Piala Presiden Jadi Sinyal Bahaya Persija di Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Tuntas sudah Piala Presiden 2018. Selama satu bulan, sejak 16 Januari 2018, pencinta sepak bola Indonesia dimanjakan dan dihibur dengan tontonan sepak bola pada jeda kompetisi menyambut Liga 1 2018. 

Sebanyak 20 klub peserta terbagi dalam empat grup dan selanjutnya diperoleh Persija Jakarta serta Bali United sebagai klub yang berhadapan di partai final. Laga puncak dimainkan di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018).

Persija akhirnya merebut gelar juara Piala Presiden 2018 setelah menundukkan Bali United dengan skor meyakinkan 3-0. Dua gol Marko Simic dan sebiji gol Novri Setiawan membuat Persija merebut gelar pertama mereka di Piala Presiden.

Sukacita langsung menyelubungi seluruh elemen klub Persija. Mulai pemain, tim pelatih, manajemen, hingga suporter larut dalam kebahagiaan atas prestasi ini. 

Namun, Persija tak boleh berlarut-larut merayakan kesuksesan di Piala Presiden 2018. Pasalnya, Liga 1 2018 segera bergulir. Melihat rekam jejak selama selama ini, pemenang Piala Presiden kesulitan tampil cemerlang pada Liga 1 yang berputar setelah memenangi gelar juara turnamen pramusim itu.

"Kutukan" ini seolah menghantui Persib Bandung dan Arema FC. Seperti diketahui, Persib keluar sebagai juara edisi pertama Piala Presiden, tahun 2015. 

Tim Maung Bandung gagal mempertahankan gelar juara pada Piala Presiden edisi 2017. Pada edisi kedua, Arema FC tampil sebagai pemenang Piala Presiden 2017.

Nasib keduanya di kompetisi reguler tak semanis saat memenangi Piala Presiden. Persib, hanya finis di peringkat kelima turnamen jangka panjang, TSC 2016, dengan koleksi total poin 55. 

Mereka kalah bersaing dengan Persipura Jayapura yang keluar sebagai juara TSC 2016. Persib juga berada di bawah Arema, Madura United, serta Sriwijaya FC.

Padahal, di awal TSC, Persib digadang-gadang sebagai kandidat juara dengan modal menjuarai Piala Presiden 2018. Hal sama terjadi pada Arema setelah memenangi Piala Presiden 2017.

Jelang Liga 1 2017, Arema masuk tim kandidat juara. Namun, pada perjalanannya mereka kerap tersandung. Jangankan finis sebagai juara, Arema tercecer hingga peringkat kesembilan dengan hanya mengoleksi 49. Jumlah itu terpaut 19 poin dari tim juara, Bhayangkara FC.

Pendukung Persija tentu tak ingin "sejarah" sama berulang, menghinggapi tim Macan Kemayoran di Liga 1 2018. Namun, hanya waktu yang bisa membuktikan apakah Persija akan mengalami nasib sama, gagal bersinar di Liga 1 2018, atau mematahkan "kutukan" juara Piala Presiden dengan tampil moncer pada kompetisi reguler musim ini. 

Video Populer

Foto Populer