Sukses


Kerugian Akibat Kerusakan SUGBK Ditaksir Mencapai Rp150 Juta

Bola.com, Jakarta - Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK), Winarto, mengatakan pihaknya telah selesai mengaudit daftar kerusakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) setelah menggelar laga final Piala Presiden 2018.

Winarto menilai, total biaya yang harus dikeluarkan akibat mengganti kerusakan stadion dan sekitarnya mencapai Rp150 juta.

SUGBK menjadi sasaran oknum-oknum suporter ketika final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2/2018). Stadion yang baru saja selesai direnovasi untuk Asian Games 2018 itu tercatat mengalami kerusakan di beberapa bagian, yakni tiga pintu masuk, tujuh pembatas antara penonton dan lapangan, satu kursi yang lepas, dan taman yang rusak akibat terinjak.

"Selesai pertandingan final, petugas langsung membersihkan sampah yang berserakan. Jam 02.00 dini hari WIB sudah bersih dan sejumlah kerusakan ditemukan," kata Winarto kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/2/2018).

"Kerusakan di stadion sudah ditaksir, tidak lebih dari Rp150 juta. Tadi pagi Pak Menteri PU PR berkunjung untuk memastikan angka itu. Proses perbaikan tidak akan lebih dari satu pekan dan diharapkan selesai pada Rabu (21/2/2018)," ucap Winarto.

Lebih lanjut, Winarto menjelaskan penggantian akibat kerusakan sudah dibayarkan panpel Piala Presiden 2018 melalui uang jaminan yang tertera pada kontrak sewa stadion. Winarto berharap masalah ini tidak berkelanjutan demi kemajuan industri olahraga Indonesia.

"Biaya kerusakan sudah dijamin dalam kontrak yang nilai uang jaminannya yang mencapai Rp 1,5 miliar. Uang itu sudah masuk ke rekening GBK pada 12 Februari 2018. Jadi, tinggal dipotong saja. Saat ini, kita move on saja dan lakukan perbaikan. Sepak bola harus terus bergulir agar terus maju," ujar Winarto.

Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait, menghormati prosedur yang diberikan pihak PPK GBK. Menurut dia, panpel Piala Presiden 2018 akan bertanggung jawab dan membayar biaya pengganti secara lunas.

"Kami profesional. Apapun itu mohon diberikan kalkulasinya. Depositnya sudah ada dan kalau kurang kami siap untuk menambahkan. Panitia tanggung jawab 100 persen jika ada kerusakan akibat final Piala Presiden 2018," tegas pria yang akrab disapa Bang Ara itu.

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer