Sukses


Abu Rizal Maulana Tak Kikuk Disulap Jadi Gelandang Persebaya

Bola.com, Surabaya - Abu Rizal Maulana mengemban tugas baru di Persebaya Surabaya. Jika selama ini lebih sering bermain sebagai bek kanan, ia tampil jadi gelandang buat tim Bajul Ijo. Tugas itu diembannya saat Persebaya meladeni Persiba Balikpapan pada matchday kedua penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim II 2018, Senin malam (26/2/2018).

Pemain yang akrab disapa Rodeg itu sebenarnya pernah bermain sekali sebagai gelandang, yakni saat Persebaya melakoni uji coba melawan PSS Sleman (17/2/2018).

Namun, selama ini dia menjadi bek kanan, termasuk selama turnamen pramusim tahun ini, di Piala Presiden 2018 maupun laga pertama Piala Gubernur Kaltim II melawan Madura United (24/2/2018).

"Saya sebenarnya siap dimainkan di posisi manapun. Pelatih meminta, saya akan berikan yang terbaik untuk membantu Persebaya meraih kemenangan dan hasil terbaik," kata Rodeg kepada Bola.com, Selasa (27/2/2018).

Pada laga kontra Persiba, Rodeg tidak diturunkan sejak menit pertama. Dia masuk menggantikan gelandang Misbakus Solikin di awal babak kedua untuk mengawal dan mengatur tempo di lini tengah.

Hasilnya, pemain 23 tahun itu cukup membantu daya serang yang digalang skuat Bajul Ijo. Dia beberapa kali ikut naik untuk mengirimkan bola matang kepada pemain depan.

Peran yang diembannya untuk membagi bola sedikit berkurang pada 20 menit terakhir pertandingan. Dia bergantian dengan Robertino Pugliara, yang menjadi gelandang serang, untuk melakukan tugas itu.

Peran sebagai gelandang bukan hal baru untuk pemain kelahiran Sampang tersebut. Malah, Rodeg sebenarnya berposisi asli sebagai gelandang, baik bertahan maupun serang. Seperti yang terjadi saat bergabung dengan dengan Bintang Angkasa di kompetisi internal Persebaya.

Posisi bek kanan mulai dijalaninya bersama Persebaya musim lalu saat pelatih Angel Alfredo Vera butuh sosok yang punya kecepatan dari belakang melakukan overlap. Hasilnya, dia mampu memenuhi ekspektasi itu dan menjadi bek kanan andalan.

"Saya selalu berusaha untuk menjalankan instruksi pelatih. Semua yang saya lakukan berasal dari beliau. Itu semua tentu saja butuh kerja sama dengan pemain lain untuk bermain kompak," imbuh Rodeg.

Di laga Persebaya melawan Persiba, Alfredo tampak melakukan percobaan dengan menurunkan dua pemain di posisi bek kanan. Dia menurunkan Arthur Irawan sejak menit pertama di posisi tersebut. Pada babak kedua, Mokhamad Syaifuddin yang merupakan seorang stoper, masuk menggantikan Arthur.

Video Populer

Foto Populer