VIDEO: Fans Ultras Selangor Meniru atau Terinspirasi Aremania?

VIDEO: Fans Ultras Selangor Meniru atau Terinspirasi Aremania?

Definisi chant adalah a repeated rhythmic phrase, typically one shouted or sung in unison by a crowd. Bila diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia adalah nyanyian atau teriakan yang dilakukan secara serentak oleh sekelompok orang secara bersama.

Chant suporter adalah suatu hal yang menjadi identitas dan kebanggaan bagi fans klub sepak bola. Terkadang, tidak semua chant tersebut adalah orisinil. Salah satu yang seangat terkenal adalah irama lagu milik The White Stripes berjudul Seven Nation Army. Sejak Piala Eropa 2008, irama lagu tersebut diadaptasi menjadi chant oleh sebagian suporter untuk meramaikan Piala Eropa di Swiss-Austria saat itu.

Apa yang terjadi di sana, ternyata juga terjadi di Asia Tenggara. Contohnya bisa dilihat di video ini di mana chant yang sudah menjadi ciri khas Aremania, kelompok suporter pendukung klub Arema, mirip bahkan cenderung identik dengan milik pendukung Selangor FA, Ultras Selangor (UltraSel).

Chant yang sama tersebut didengar pada laga debut Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn di Liga Super Malaysia 2018. Nyanyian itu dikenal di Aremania dengan lirik yang mudah diingat "janji sumpah setia, Arema selamanya."

Itulah uniknya sepak bola.

Ringkasan

Oleh Peksi Cahyo pada 28 February 2018, 16:00 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights