Sukses


Hantam Sriwijaya FC, Persebaya Berjumpa Arema di Semifinal Piala Gubernur Kaltim

Bola.com, Jakarta - Kepastian tiket semi final yang didapat oleh Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC membuat pelatih kedua kubu lebih memilih untuk melakukan sejumlah eksperimen. Mereka melakukan sejumlah perombakan dengan rotasi skuat saat kedua tim terlibat bentrok dalam laga penutup penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (28/2/2018).

Pertandingan berkesudahan 2-0 buat Tim Bajul Ijo. Fandi Eko Utomo dan Sandi Firmansyah jadi pencetak gol buat Persebaya.

Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, memberi kesempatan kepada empat pemain senior sejak menit pertama, Dimas Galih dan Osvaldo Haay. Sedangkan pelatih Sriwijaya FC, malah lebih berani dengan menurunkan 11 pemain di starter line-up yang berbada dibanding kala melawan Madura United (26/2/2018).

Permainan yang diperagakan oleh kedua kubu sangat jauh berbeda. Persebaya mencoba untuk membangun serangan sejak menit awal. Hasilnya, terdapat lima tembakan yang mereka lepaskan sebelum water break babak pertema.

Sejumlah ancaman sempat muncul dari skuat Bajul Ijo. Ricky Kayame yang tampil sebagai striker setidaknya telah melepaskan tiga tembakan yang mengarah ke gawang Sriwijaya FC. Sayang, kiper Sandi Firmansyah selalu sigap mengamankannya.

Peluang emas sempat dimiliki oleh Persebaya pada menit ke-22. Winger Oktafianus Fernandi melakukan dribel tanpa kawalan hingga menusuk ke jantung pertahanan yang lantas mengirim umpan pada Osvaldo Haay. Namun, bola yang terlalu deras pun gagal teruskan oleh Osvaldo.

Sriwijaya pun bukannya tampil tanpa ancaman meski tidak terlalu dominan di 30 menit pertama. Satu peluang mereka cipta kala mendapat hadian sepakan bebas pada menit ke-29.

Tendangan bebas itu mereka dapat usai bek Persebaya, Rachmat Irianto tertangkap melakukan handsball dalam jarak 31 meter ke gawang. Akan tetapi, gelandang Yu Hyun-koo yang tampil sebagai eksekutor melakukan tembakan lemah sehingga mudah diamankan oleh kiper Dimas Galih.

Usaha Persebaya untuk terus melakukan tekanan berbuah manis pada injury time babak pertama. Gelandang serang Fandi Eko Utomo mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan tarik dari Ricky Kayame di sisi kanan. Skor 1-0 untuk Persebaya pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Sriwijaya FC tampak berusaha untuk tampil lebih agresif. Rahmad Darmawan memasukkan Patrich Wanggai agar daya gedor semakin intens. Hasilnya cukup bagus lantaran Patrich kerap membuat Dimas Galih tidak tenang meski gagal berbuah gol.

Kepanikan mulai melanda Laskar Wong Kito saat laga memasuki menit ke-60. Kali ini, Rahmad Darmawan memilih untuk memainkan Adam Alis lantaran lini tengah masih terlihat kesulitan untuk mengatur bola.

Sayangnya, Persebaya justru berhasil menggandakan keunggulan. Osvaldo mampu memanfaatkan bola liar di kotak penalti hingga membuat gawang Sandi Firmansyah robek untuk kali kedua pada menit ke-62.

Skor tidak berubah hingga pertandingan usai. Persebaya Surabaya dipastikan menjadi juara Grup B Piala Gubernur Kaltim 2018. Mereka akan berjumpa Arema FC, yang jadi runner-up Grup A.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Susunan Pemain Utama:

Persebaya (4-3-3): 92-Dimas Galih (Kiper); 4-M. Syaifuddin, 13-Rachmat Irianto, 21-Fandry Imbiri, 25-Irvan Febrianto (Belakang); 7-Sidik Saimima, 22-Abu Rizal Maulana, 18-Fandi Eko Utomo (Tengah); 8-Oktafianus Fernando, 9-Ricky Kayame, 20-Osvaldo Haay (Depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Sriwijaya FC (4-3-3): 86-Sandi Firmansyah (Kiper); 18-Achmad Faris, 45-Bio Paulin, 5-Rafif Putra, 37-Risky Dwi (Belakang); 6-Yu Hyun-koo, 8-Rachmad Hidayat, 27-Zalnando (Tengah); 20-Beri Rahmada, 17-M. Nur Iskandar, 7-Yogi Rahadian (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer