Sukses


Bekuk Tim Legenda Sepak Bola, Timnas Wanita Indonesia Masih Gugup

Bola.com, Jakarta - Timnas Wanita Indonesia menang 3-2 pada laga uji coba kontra Indonesia Football Ambassador yang terdiri atas legenda-legenda sepak bola Indonesia di Lapangan C Senayan, Jakarta, Kamis (5/4/2018) sore. Para Srikandi sepak bola Indonesia ini masih grogi dan terbawa tempo permainan lawan.

Timnas Wanita Indonesia unggul 1-0 hingga akhir babak pertama berkat gol yang dicetak sang striker, Tugiyati. Namun, di babak kedua permainan semakin ketat. Pemain sayap kiri Timnas Wanita Indonesia, Zahra Musdalifah, membawa tim asuhan Satia Bagdja itu unggul 2-0, namun striker IFA, Peri Sandria, memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Tim asuhan Satia Bagdja itu kembali memperbesar keunggulan setelah gelandang serang Dhanielle Daphne sukses menerobos pertahanan lawan dan melepaskan tembakan yang mengoyak jala gawang IFA. Namun, keunggulan itu tak berlangsung lama karena Vennard Hutabarat membuat kedudukan menjadi 3-2 yang bertahan hingga akhir laga.

Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja, bersyukur timnya bisa mendapatkan pengalaman dengan melakukan uji coba menghadapi pemain-pemain legenda. Meski bukan lagi usia produktif untuk bermain sepak bola, Patar Tambunan dkk. mampu memberi perlawanan sengit pada Zahra Musdalifah dkk.

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Dhanielle Daphne (tengah) mencoba menghalangi gerakan pemain Legenda Indonesia pada laga uji coba di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Kamis (5/4/2018). Timnas Wanita Indonesia menang 3-2. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

"Pemain kami masih terlihat gugup dan tidak percaya diri karena ini pertama kalinya mereka beruji coba di depan banyak orang. Akhirnya mereka bermain mengikuti tempo permainan lawan. Mereka harus belajar dari pengalaman ini," ujar Satia Bagdja setelah pertandingan.

"Namun, bagi saya yang penting adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari pertandingan ini. Jadi mereka memang harus lebih sering bermain seperti ini. Ada pelajaran dan buat saya sendiri juga menjadi pembelajaran untuk meningkatkan tim," lanjutnya.

Dalam beberapa kesempatan, para pemain Timnas Wanita Indonesia kerap terbawa tempo permainan lawan yang bermain dengan sangat lambat. Satia Bagdja menegaskan rasa gugup para pemainnya cukup memengaruhi performa.

"Seperti saya katakan tadi, rasa gugup mereka rasakan dan itu memengaruhi 25 persen kekuatan mereka. Hanya permasalahan mental karena ditonton banyak orang dan menghadapi mantan pemain Timnas Indonesia. Jadi saya rasa itu bukan masalah besar," ujarnya.

Rencananya Timnas Wanita Indonesia melakoni sejumlah pertandingan uji coba lagi menghadapi tim-tim yang bermaterikan pemain laki-laki. Namun, uji coba internasional juga tengah digodok. Timnas Thailand putri akan diundang ke Indonesia untuk melakoni laga uji coba pada akhir Mei 2018.

 

Video Populer

Foto Populer