Sukses


Jacksen F Tiago Ungkap Kunci Kesuksesan Barito Kalahkan Persebaya

Bola.com, Surabaya - Barito Putera tiga poin pertama di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak setelah mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (8/4/2018).

Bukan pekerjaan mudah memetik kemenangan di kandang Persebaya yang penuh tekanan dari suporter tuan rumah, Bonek. Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, membeberkan kunci keberhasilan timnya menaklukkan tuan rumah.

“Dari awal, Barito adalah tim dengan pemain yang bisa bertahan dari tekanan tinggi. Saya kemarin berbicara dengan para pemain. Tidak ada orang yang lebih tahu tentang pemain kecuali saya. Saya setiap hari bersama pemain,” kata pelatih asal Brasil itu. 

Mental Barito benar-benar diuji pada laga ini. Mereka sebelumnya gagal memetik kemenangan dalam dua pertandingan, kalah 1-3 dari Madura United (26/3/2018) dan imbang 2-2 dengan Persipura Jayapura (31/3/2018).

Di dua laga tersebut, Barito juga sempat tertinggal terlebih dahulu, namun berhasil membalas gol lawan. Bedanya, kali ini mereka mampu unggul sampai 90 menit hingga mendapat tiga angka.

“Kalau fokus dan konsentrasi sepanjang pertandingan pasti bagus. Saya bersyukur sekali pemain mampu menjalankan instruksi dan bermain disiplin,” imbuh pelatih berusia 49 tahun itu.

Satu faktor lain kemenangan Barito adalah kedisiplinan Samsul Arif dkk di lini belakang. Mereka sukses membuat pemain Persebaya buntu dalam menyerang.

“Saya memang beri tantangan kepada anak-anak. Saya melempar instruksi dan mendapat tanggapan baik dengan membuktikannya di pertandingan. Hasil ini luar biasa, tidak akan bisa dilupakan oleh saya,” ungkap Jacksen.

Di laga ini, Laskar Antasari sebenarnya malah tertinggal terlebih dahulu. Persebaya mencetak gol lewat Abu Rizal Maulana pada menit ke-17. Namun, Barito mampu membalikkan kedudukan.

Gol pertama Barito Putera lahir melalui sundulan Douglas Packer pada menit ke-26 usai mendapat umpan tendangan bebas dari Nazar Nurzaidin. Sedangkan gol kedua disumbang oleh Paulo Sitanggang di menit ke-70.

 

 

Video Populer

Foto Populer