Sukses


Indra Sjafri Bersyukur Ikuti Kursus Pro AFC

Bola.com, Yogyakarta - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menjadi satu di antara peserta kursus lisensi kepelatihan Pro AFC yang berlangsung di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, mulai Sabtu (14/4/2018).

Kursus yang diikuti 24 pelatih itu akan berlangsung hingga 20 April 2018, untuk modul pertama. Total ada tujuh modul yang harus dilahap dan berakhir bulan yang sama, tahun depan.

Indra Sjafri menilai agenda ini merupakan terobosan luar biasa dari PSSI. Sebab, selama ini hanya ada kursus lisensi C hingga A AFC yang disebutnya sudah lazim digelar.

Sebagai catatan, lisensi Pro AFC merupakan tingkatan tertinggi kursus pelatih di Asia. Biaya yang dikeluarkan untuk bisa mengikuti kursus ini juga tak sedikit, berkisar ratusan juta rupiah.

"Saya pribadi, sebagai seorang pelatih sangat bersyukur dengan adanya kursus ini. Tentu bagi saya dan teman-teman sangat bermanfaat," ungkap Indra di sela acara pembukaan.

Pelatih 55 tahun itu menilai dengan adanya kursus tersebut menjadikan Indonesia memiliki pelatih dengan pengetahuan yang sedikit lebih baik.

Mantan pelatih Bali United itu menyadari populasi pelatih dengan lisensi Pro AFC di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

"Singapura, Malaysia, dan tentu Thailand sudah banyak yang Pro AFC. Makanya saya katakan ini lompatan terbesar dan kami apresiasi," lanjutnya.

Perihal rancangan materi yang diberikan, Indra menyebut ada tujuh modul yang harus dilalui. Selain di dalam negeri, praktik kursus juga dilakukan di luar negeri. Klub raksasa Spanyol, Real Madrid, disebut jadi satu di antara negara tujuan.

"Setahu saya materi kursus banyak dalam hal analisis pertandingan. Jadi, pelatih dituntut bagaimana menganalisis laga dan menyusun sesi latihan berdasarkan itu," ujar Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer