Sukses


Timnas Wanita Indonesia Butuh Uji Coba Internasional Sebelum Menghadapi Thailand

Bola.com, Depok - PSSI berencana memberikan kesempatan kepada Timnas Wanita Indonesia untuk melakukan laga uji coba kontra Timnas Wanita Thailand pada 30 Mei 2018, atau satu bulan sebelum Piala AFF Wanita 2018 digelar.

Namun, pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja, menyebut timnya perlu melakukan laga uji coba menghadapi tim wanita dari negara lain sebelum melakukan laga uji coba menghadapi Thailand tersebut.

Rencana PSSI memberikan kesempatan kepada Timnas Wanita Indonesia melakukan laga uji coba internasional kontra Thailand diungkapkan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ketika tim asuhan Satia Bagdja itu melakukan latih tanding dengan Indonesia Football Ambassador yang bermaterikan pemain-pemain legenda sepak bola Indonesia belum lama ini.

Satia Bagdja mengaku sudah mengetahui rencana tersebut. Hanya, Satia berharap PSSI bisa mencari lawan dari negara lain sebelum laga uji coba tersebut.

Faktor belum mengetahui benar kualitas Timnas Wanita Indonesia, yang selalu meraih kemenangan besar saat menjalani laga uji coba dengan tim putri lokal, membuat sang pelatih membutuhkan uji coba menghadapi tim putri dari negara lain.

Laga uji coba kontra Thailand yang diagendakan pada akhir Mei itu sebenarnya sudah cukup bagus. Hanya, menghadapi tim yang sudah memiliki level di Piala Dunia Wanita membuat Satia Bagdja tak ingin timnya langsung menghadapi tim yang levelnya jauh di atas.

 

2 dari 2 halaman

Mencari Tahu Level Permainan

"Saya sudah tahu rencana menghadapi Thailand. Seharusnya ada pertandingan lain sebelum laga kontra Thailand, karena itu sangat penting. Thailand itu sudah masuk Piala Dunia, mereka itu levelnya dunia, jadi menghadapinya pun tidak bisa sembarangan. Kalau kami tidak menghadapi tim putri dari negara lain lebih dulu, kami tidak tahu sampai di mana kualitas pemain kami karena saat menghadapi tim putri lokal kami selalu menang besar, bahkan sampai ada yang berakhir dengan skor 23-0," tutur Satia.

"Kami sudah meminta ada uji coba pada April ini. Sebenarnya ada di dalam program kami untuk melakukan uji coba menghadapi negara lain pada April ini, kami meminta melawan Korea Utara. Menghadapi Australia pun tidak masalah, karena bagi saya harus kalah 0-8 pun tidak masalah. Yang penting kami tahu ada di mana level permainan tim kami, pemain tahu di mana kekuatan mereka sendiri," lanjut Satia.

Pemain Timnas Wanita Indonesia, Susi Susanti (tengah) mengecoh pemain Villa 2000 pada laga uji coba di Lapangan Sawangan, Depok, Kamis (19/4/2018). Timnas Wanita Indonesia kalah 1-2. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Dhanielle Daphne dkk. saat ini menjalani pemusatan latihan di Nirwana Sawangan Park, Depok, untuk mempersiapkan diri menjalani dua event internasional di tengah tahun ini.

Timnas Wanita Indonesia akan berlaga di Piala AFF Wanita 2018 yang digelar di Palembang mulai 30 Juni dan dilanjutkan dengan tampil di Asian Games 2018 yang juga digelar di Palembang pada Agustus 2018.

Video Populer

Foto Populer