Sukses


Thoriq Alkatiri Ungkap Pengalaman Mewasiti Laga di Piala AFF U-19

Bola.com, Sidoarjo - Nama Thoriq Alkatiri kembali masuk jajaran wasit yang akan bertugas di Piala AFF U-19 2018. Sebelumnya, Thoriq juga bertugas di ajang yang sama pada edisi 2017 di Yangon, Myanmar.

Sebagai wasit berlisensi FIFA, Thoriq membeberkan beberapa perbedaan saat memimpin pertandingan di tingkat senior dan junior. Menurutnya, emosi pemain sangat berbeda dalam sebuah level pertandingan.

"Kalau di kelompok usia, kami mencoba memahami pemain itu memikirkan bermain bola, tidak ada pemikiran berbuat curang. Harus dipahami seperti itu," kata wasit berusia 29 tahun itu.

Selama ini Thoriq dikenal sebagai satu di antara wasit yang tegas saat bertugas di Liga 1. Dia cukup jeli memperhatikan benturan antarpemain yang kadang-kadang melakukan diving untuk mendapatkan tendangan bebas atau penalti.

Di sisi lain, berbagai persiapan matang telah dilakukannya menyongsong Piala AFF U-19 2018 yang terselenggara pada 1-14 Juli 2018 di Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur. "Kami sudah melakukan persiapan fisik yang kuat untuk memimpin pertandingan," imbuhnya.

Thoriq juga mengaku telah mempelajari beberapa peraturan baru di FIFA. Dia mengikuti perkembangan itu melalui pertandingan Piala Dunia 2018 yang saat ini masih bergulir di Rusia.

Saat ini, teknologi VAR atau video assistant referee yang diterapkan dalam pertandingan Piala Dunia menjadi perbincangan publik. Beberapa keputusan wasit terpaksa direvisi sesuai dengan tayangan ulang karena dirasa kurang tepat.

“Kami mempelajari materi baru yang diberikan, terutama peraturan terbaru di Piala Dunia. Teknologi VAR mungkin bisa diterapkan di sini satu atau dua tahun ke depan. Kalau sekarang tidak mungkin, susah juga," ucap Thoriq Alkatiri.

Video Populer

Foto Populer