Sukses


Peter Butler, Sosok di Balik Moncernya Todd Rivaldo Ferre di Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sidoarjo - Nama Todd Rivaldo Ferre mulai naik daun di kalangan penggemar Timnas Indonesia. Pemain Timnas Indonesia U-19 itu menunjukkan penampilan cemerlang selama tampil dalam empat laga di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018.

Gelandang serang milik Persipura Jayapura itu mampu membukukan dua gol dan satu assist. Itu semua berkat kepercayaan yang diberikan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, kepada Todd di setiap laga.

Namun, ada satu sosok lagi yang sangat berjasa buat karier Todd Rivaldo Ferre saat ini. Dia adalah Peter Butler, mantan pelatih Persipura. Pelatih asal Inggris itulah yang mempromosikan Todd dari Persipura U-19 ke tim senior pada awal musim ini.

"Saya sudah menonton video penampilan dia di Youtube. Terus terang, saya kagum dengan penampilan pemain muda yang satu ini. Saya sudah menduga dia akan menjadi bintang di Timnas Indonesia," kata Butler saat dihubungi Bola.com.

Butler merupakan pelatih yang membangun Persipura pada awal musim ini setelah ditinggal beberapa pemain. Ketimbang mendatangkan pemain matang, dia lebih memilih untuk mempromosikan beberapa pemain muda.

Selain Todd, ada David Rumakiek yang juga masuk Timnas Indonesia U-19, merupakan gerbong Persipura U-19 yang masuk tim senior Persipura. Selain dua nama itu, ada pula Gosner Papua Komboy, Gunansar Mandowen, Ronaldo Wanma, Patrick Womsiwor, Marcel Kararbo, Efraim Awes, dan lain-lain.

"Banyak pelatih kurang suka memainkan pemain muda karena kurang berpengalaman. Tapi, selama ini saya memang menanggap pemain muda sangat penting untuk sebuah tim," imbuh eks pemain West Ham United dan West Bromcih Albion itu.

Hanya, Butler saat ini sudah tidak menjadi pelatih di tim Mutiara Hitam. Dia dipecat manajemen klub per 22 Juni 2018 setelah rentetan hasil buruk yang dapat Persipura.

 

2 dari 2 halaman

Tak Lupa Jasa Peter Butler

Persipura kini ditangani pelatih asal Brasil, Amilton da Silva Oliveira. Namun, di laga perdana setelah manajaemen menunjuk Amilton sebagai nakhoda baru, Persipura masih kalah, 0-2, dari Bhayangkara FC di Stadion Mandala, Jayapura (7/7/2018).

Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler, saat latihan jelang laga Liga 1 Indonesia di Lapangan Pertamina, Simprug, Jakarta, Rabu (23/5/2018). Persipura akan berhadapan dengan Persija Jakarta. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Namun, pada laga itu Amilton memang masih sebatas melakukan pantauan lantaran tugas pelatih kepala masih diemban duet asisten pelatih Tony Ho-Oswaldo Lessa.

Sebagai pemain binaan Persipura, Todd tidak lupa akan jasa Peter Butler. Dia mengaku sangat bersyukur bisa mendapat pengalaman di bawah asuhan pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

"Saya tidak punya kontak coach Peter Butler, jadi tidak bisa komunikasi. Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyak kepada beliau atas kesempatannya masuk Persipura senior. Tanpa beliau, saya mungkin tidak berada di timnas saat ini," ujar Todd.

Di tengah kegemilangan Todd Rivaldo Ferre yang menjadi buah bibir, Butler mengalami nasib yang berbeda. Sampai saat ini, dia masih belum memiliki klub baru untuk memanfaatkan jasanya sebagai pelatih.

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer