Sukses


Piala AFF U-19 2018: Terpengaruh Hasil Thailand Vs Indonesia, Vietnam Tampil Buruk

Bola.com, Gresik - Timnas Vietnam U-19 harus menelan pil pahit di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018 melawan Singapura. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (9/7/2018), Vietnam bermain 2-2.

Namun, bukan kegagalan itu yang membuat mereka angkat koper dari turnamen Piala AFF U-19 2018 melainkan hasil pertandingan Grup A lainnya, antara Thailand kontra Indonesia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, yang berakhir dengan kemenangan Thailand 2-1.

Hal itu karena berapa pun kemenangan Vietnam di laga kontra Singapura, tidak berarti apa pun bila Thailand menang atau seri saat bersua Indonesia.

Sebelum pertandingan digelar, Vietnam sebetulnya masih memiliki peluang kendati tipis. Sebab, mereka harus mengejar jumlah gol pesaingnya, Thailand, yang memiliki selisih tujuh gol. Dengan catatan, Thailand kalah dari Indonesia.

Namun, tak sesuai yang diharapkan kubu Vietnam, dalam pertandingan yang digelar di waktu bersamaan itu, Thailand justru berhasil mencundangi tuan rumah. "Hasil pertandingan itu memengaruhi mental pemain kami," ujar Hoang Ahn Tuan, pelatih Timnas Vietnam U-19.

Khusus menanggapi laga kontra Singapura, Hoang mengakui tim bermain sangat buruk. Bahkan ia menyebut ini penampilan terburuk timnya sepanjang penyisihan Grup A.

Meski begitu Hoang tak mau terlalu menyesali, karena kegagalan ini memberikan pelajaran berharga bagi anak asuhnya. Mereka akan berbenah dan berusaha untuk tampil lebih baik di kesempatan lain.

"Dengan kegagalan di turnamen ini, kami punya bahan untuk memperbaiki tim ini sebelum turun di Piala AFC pada Oktober mendatang di Jakarta. Saya berharap, kami bisa bermain lebih baik lagi di turnamen itu," tutur Hoang, yang juga menyebut timnya akan menyasar target juara di Piala AFC U-19 2018.

Di sisi lain, pelatih Timnas Singapura U-19, Rob Johannes Maria Servais, mengatakan hasil ini berkat kerja keras anak didiknya. Hasil 2-2 melawan Timnas Vietnam U-19 cukup bagus bagi kelanjutan karier pemainnya.

"Mereka masih punya harapan untuk terus berkembang di masa depan. Saya yakin, selama mereka mau memberikan semuanya untuk negara, tidak ada yang mustahil. Dan hasil ini adalah contohnya," jelas Rob yang mengaku senang karena pemainnya menunjukkan usaha luar biasa di pertandingan ini.

Video Populer

Foto Populer