Sukses


Pelatih Malaysia U-16 Minta Maaf Pemainnya Kibarkan Bendera Indonesia Terbalik

Bola.com, Sidoarjo - Menjelang Piala AFF U-16 digelar, sosial media sempat diramaikan oleh aksi salah satu pemain Timnas Malaysia U-16 yang mengibarkan bendera Indonesia secara terbalik.

Aksi kontroversial ini pun memicu kemarahan masyarakat Indonesia yang merasa dilecehkan. Wajar jika kemudian hal ini memanaskan situasi jelang kedatangan Timnas Malaysia U-16 ke Surabaya. Pelatih Timnas Malaysia U-16 Raja Azlan Shah pun sangat menyesalkan perilaku pemainnya tersebut. Meski ia belum mengonfirmasi secara langsung ke pemain yang bersangkutan, Raja menilai aksi itu sebuah kesalahan.

"Terlepas dia sengaja atau tidak karena saya belum bertemu dan bertanya langsung kepada pemain itu, saya sebagai pelatih Timnas Malaysia U-16 meminta maaf kepada publik Indonesia," ujar Raja.

Raja menyatakan, perilaku seperti ini seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun karena bermain-main dengan simbol negara sangat sensitif. "Memberikan hukuman itu bukan wewenang saya sebagai pelatih. Tugas saya mengurusi hal-hal teknis. Tapi saya pasti mengingatkan sang pemain supaya tidak mengulangi tindakan ceroboh seperti itu," tegas sang nahkoda yang juga mantan pemain Timnas Malaysia ini.

Untuk urusan menghukum sang pemain, ia menyerahkan sepenuhnya kepada federasi sepak bola Malaysia untuk sang pemain. "Dia pemain muda yang masih mencari jati diri. Dia belum tahu akibat dari apa yang dia perbuat. Tapi apa pun itu, bila aksi itu bertujuan untuk melecehkan Indonesia, tentu itu salah," katanya.

Video Populer

Foto Populer