Sukses


Panpel Piala AFF U-16 Memuji Budaya Memungut Sampah Suporter Indonesia

Bola.com, Sidoarjo - Budaya memungut sampah yang dilakukan suporter di Piala Dunia 2018 Rusia menular ke pendukung Timnas Indonesia U-16. Aksi ditunjukkan penonton di semua tribune usai pertandingan Indonesia kontra Kamboja, Selasa (6/8/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Usai pertandingan itu, para penonton melakukan aksi simpatik dengan memunguti sampah yang berceceran di tribun untuk dikumpulkan pada satu titik. Hal itu dilakukan guna meringankan petugas kebersihan stadion sekaligus memudahkan untuk mengangkutnya.

"Ini budaya yang sangat bagus dari suporter Indonesia. Semoga semua suporter mulai menyadari bahwa kebersihan stadion sangat penting. Selain demi kenyamanan, perilaku ini sangat membantu kerja panpel," ucap Muhammad Irvan, Media Officer Timnas U-16.

Sebetulnya budaya ini bukan hal baru karena memungut sampah di tribun penonton sudah dilakukan suporter Timnas Indonesia ketika menyaksikan laga-laga Indonesia di Piala AFF U-19. Selama Piala AFF U-16, budaya memungut sampah telah mereka lakukan sejak awal turnamen ini diputar, khususnya laga Indonesia lawan Filipina (29/8/2018).

Wakil Ketua Panpel, Amir Burhanuddin mengaku bangga dengan perilaku suporter Indonesia ini. Ia memuji dan mengucapkan terima kasih pada suporter Indonesia yang memperhatikan aspek kebersihan stadion.

Amir berharap, ke depan semakin banyak suporter di Indonesia yang melakukan hal yang sama. "Ini juga untuk kebaikan mereka sendiri. Budaya yang baik memang harus diawali dari hal-hal kecil namun sangat bermanfaat bagi semua orang dan lingkungan," puji Amir.

Tak hanya kebersihan, Amir juga berharap suporter Indonesia berperilaku tertib dan menjadi tuan rumah yang baik selama Piala AFF U-16 digelar. Dengan begitu, citra Indonesia semakin baik di mata publik sepak bola internasional.

"Kalau bagus, tentu akan mendapatkan banyak kesempatan menjadi tuan rumah di sejumlah gelaran berskala internasional pula," ucap Amir.

Video Populer

Foto Populer