Sukses


Persiapan Vietnam untuk Piala AFC U-16 2018 Sudah 95 Persen

Bola.com, Hanoi - Timnas Vietnam U-16 terus mempersiapkan diri jelang tampil di Piala AFC U-16 2018. Pelatih Vu Hong Viet mengklaim persiapan tim asuhannya sudah mencapai 95 persen, di saat kick-off turnamen tinggal menyisakan satu pekan lagi.

Timnas Vietnam U-16 kini memasuki tahap akhir persiapan. Mereka sudah berada di Vietnam lagi, setelah menjalani pemusatan latihan di Jepang.

Mereka menutup sesi TC di Jepang pada 10 September 2018, memberi waktu seluruh pemain untuk beristirahat selama dua hari, dan kembali berlatih pada Rabu (12/9/2018) di Vietnam.

Seperti dilansir dari situs resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), TC Timnas Vietnam U-16 tak sepenuhnya berjalan lancar. Pasalnya, pemusatan latihan itu sempat "diganggu" musibah topan Jebi yang menerjang Jepang pada awal bulan ini.

Musibah itu memaksa tim pelatih mengubah beberapa program untuk menyesuaikan dengan situasi terkini Jepang. Satu di antaranya, Timnas Vietnam U-16 proyeksi Piala AFC U-16 2018 ini terpaksa lebih sering berlatih di lapangan dengan rumput artifisial.

Meski begitu, Vu Hong Viet mengaku tetap puas dengan pelaksanaan TC di Jepang itu. Tim asuhannya masih sempat menjalani tiga uji coba dengan tim lokal.

Dua dari tiga uji coba itu berakhir dengan kekalahan dan satu uji coba berakhir dengan hasil imbang, yakni kalah 1-4 dari Naebashi Ikuhei U-18, imbang tanpa gol kontra Fucushima U-18, dan kalah 0-3 dari Shimizu S-Pulse U-18.

Vu Hong Viet tak mempersoalkan hasil akhir karena lawan yang dihadapi lebih tua ketimbang pemain di tim asuhannya. Ia berujar hal ini justru bisa mengambil banyak pelajaran berharga.

 

2 dari 2 halaman

Fokus ke Taktik

Satu di antara yang dinilainya mengalami perkembangan sepulang dari Jepang adalah kondisi fisik dan kebugaran pemain.

Di sisa waktu sebelum bertolak ke Malaysia, Vu Hong Viet mengungkap persiapan tim asuhannya kini difokuskan pada materi taktik.

Di Piala AFC U-16 2018, Timnas Vietnam U-16 tergabung di Grup C bersama Iran, India, dan Indonesia. Bicara perihal persaingan di fase grup, Vietnam optimistis bisa melaju ke fase selanjutnya.

Vietnam menganggap Iran merupakan lawan terberat di Grup C Piala AFC U-16 2018, sementara menganggap India dan Indonesia seimbang atau bahkan di bawah kekuatan mereka.

Sebagai catatan, Timnas Vietnam U-16 kalah 2-4 dari Indonesia pada pertemuan terakhir kedua tim di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (2/8/2018).

Video Populer

Foto Populer