Sukses


Mursyid Effendi Memprediksi Timnas Indonesia U-16 Tembus 4 Besar Piala AFC

Bola.com, Surabaya - Setelah tampil sebagai juara pada ajang Piala AFF U-16 di Sidoarjo beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Piala AFC U-16 yang berlangsung di Malaysia.

Tim besutan Fakhri Husaini ditarget menembus posisi empat besar agar bisa tampil di Piala Dunia U-17 2019. Target yang tak mudah mengingat lawan-lawan yang akan mereka hadapi sangat berat.

Namun, bila mengacu pada hasil tiga kali uji coba terakhir di Malaysia, pengamat asal Jatim Mursyid Effendi, optimistis Bagus Kahfi dkk. bisa merealisasikan target tersebut.

Maklum dari tiga uji coba itu, dua mereka menangi dengan skor meyakinkan, menang 4-0 atas Sime Darby FC U-17 dan menang dari Felda United U-17 dengan skor 5-0. Satu-satunya hasil seri (3-3) didapat tim berjulukan Garuda Asia itu saat bertemu Oman.

"Tim ini mempunyai prospek cukup bagus. Kekuatan timnya merata, kualitas pemainnya baik inti maupun cadangannya hampir sama," terang mantan pemain Timnas era Rusdy Bahalwan ini.

Di mata Mursyid, Piala AFF dengan Piala AFC beda level. Gelar juara di Piala AFF U-16 bukan jaminan Timnas Indonesia U-16 bisa bermain sama baiknya di ajang Piala AFC U-16, karena lawan yang akan mereka hadapi jauh lebih berat.

Maka itu, Mursyid berharap para pemain Timnas U-16 menyadari hal itu, dan harus berusaha meningkatkan level permainannya di Piala AFC U-16 nanti.

"Kuncinya, jangan pernah merasa puas dengan capaian sebelumnya. Juga jangan merasa sudah hebat karena juara Piala AFF. Di level ini, lawan yang akan mereka hadapi lebih kuat," tutur Mursyid.

Jika mereka bisa menjaga performa, motivasi dan mentalitasnya, Mursyid optimistis tim besutan Fakhri Husaini ini mampu mewujudkan target yang dicanangkan.

"Untuk kelompok umur seperti ini sebetulnya kemampuan teknik hampir sama. Yang akan jadi pembeda adalah mentali dan motivasinya. Saya percaya Timnas Indonesia U-16 punya mental bagus dan bisa melaju hingga jauh," kata legenda hidup Persebaya ini.

Video Populer

Foto Populer