Sukses


Pesan Sepak Bola Damai dari Suporter PSM Makassar

Bola.com, Makassar - Momen menarik mewarnai duel PSM Makassar kontra Persib Bandung pada pekan ke-27 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (24/10/2018).

Saat tensi pertandingan meninggi, di sudut selatan tribune terbuka, The Maczman, suporter kreatif Makassar membentangkan koreografi 'perwakilan' The Jak, Bobotoh, Bonek, Aremania dan The Maczman saling berangkulan.

"Koreografi tadi adalah wujud keinginan yang kuat dari suporter Makassar agar sepak bola Indonesia damai. Kami ingin sebagai suporter bisa nyaman, tenang dan damai dalam mendukung tim masing-masing di stadion. Soal hasil memang penting. Tapi, bukan yang utama," ujar Ocha Alim, Presiden The Maczman kepada Bola.com

Ocha menambahkan The Maczman sangat berharap tidak ada lagi kerusuhan antarsuporter yang mewarnai pertandingan sepak bola di Indonesia. "Ini sudah kami tekankan ke internal The Maczman dan juga kelompok suporter lainnya," kata Ocha.

Evolusi perubahan sikap suporter Makassar dalam mendukung PSM membuat mereka selalu mendapat perlakuan yang baik dari suporter lawan saat laga tandang. "Di setiap daerah, kami selalu diperlakukan layaknya tamu istimewa. Kami tinggal datang, soal penginapan dan makan semuanya ditanggung rekan-rekan suporter klub yang bertindak sebagai tuan rumah," ujar Ocha.

Sebaliknya, bila ada fans klub lawan yang datang ke Makassar, suporter PSM juga tanpa sungkan menjamu.

"Biasanya para suporter klub lain sudah memberi tahu jadwal kedatangan mereka ke Makasssar dua sampai tiga pekan sebelumnya. Kami pun berbagi tugas menyiapkan penginapan dan makanan sesuai kemampuan kami," timpal Sul Daeng Kulle, Presiden Red Gank, kelompok suporter PSM Makassar lainnya.

 

Video Populer

Foto Populer