Sukses


PSM, Persib, dan Persija Saling Sikut di 3 Besar, Bali United Masih Berpeluang Juara

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persija Jakarta sama-sama memiliki peluang besar untuk menjadi juara. Namun, ketiganya masih mungkin digeser oleh Bali United yang juga masih punya kesempatan bertarung menghadapi dua dari tiga tim teratas di Liga 1 2018.

PSM saat ini berada di peringkat teratas Liga 1 2018 dengan 53 poin dari 29 laga yang sudah mereka mainkan. Posisi PSM belum aman karena Persib yang berada tepat di bawahnya hanya terpaut empat poin dengan menyisakan lima pertandingan.

Persija juga masih berpeluang. Meski terpaut lima poin dari PSM dan satu poin dari Persib, Persija masih punya enam sisa pertandingan hingga akhir musim, satu pertandingan lebih banyak ketimbang PSM dan Persib.

Namun, bisa dikatakan Persib punya peluang yang sangat besar karena mereka hanya perlu memastikan meraih hasil maksimal menghadapi PSMS Medan, PSIS Semarang, Perseru Serui, Persela Lamongan, dan Barito Putera. Hanya saja masalah tidak satu pun laga dilakukan di depan bobotoh yang menjadi pertanyaan apakah mereka mampu menuntaskannya dengan maksimal.

Sementara itu, PSM dan Persija benar-benar terlibat dalam perang secara langsung. PSM dan Persija akan terlibat dalam pertempuran di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, pada pekan ke-31. Sebuah pertandingan yang tentu menguntungkan PSM sebagai tim tuan rumah.

Sebelum menghadapi Persija, PSM lebih dulu bertandang ke markas Persebaya Surabaya. Setelah menghadapi Persija, PSM menjamu Bali United, bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Bhayangkara FC, dan menjamu PSMS Medan di laga terakhir musim ini.

Jika mampu meraih hasil maksimal dalam lima laga tersisa, termasuk ketika menjamu Persija, PSM bisa menjadi juara. PSM hanya perlu memenangi empat laga dari lima pertandingan tersisa untuk bisa menjadi juara.

Sementara itu, Persija yang memiliki satu pertandingan tersisa lebih banyak perlu memastikan meraih kemenangan saat bertandang ke Makassar. Kemenangan atas PSM bisa menjadi titik balik agar Persija bisa menggeser PSM dan tentunya juga harus meraih kemenangan atas Persela pada 20 November yang merupakan laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2018.

Bahkan jika Persib memenangi semua pertandingan, Persija pasti menggeser posisi Maung Bandung seandainya total 18 poin diraih oleh Macan Kemayoran dalam enam laga yang masih akan mereka mainkan.

Namun, tentu saja Persija tak boleh meremehkan PS Tira yang mereka hadapi di laga selanjutnya, Sriwijaya FC, Bali United, dan Mitra Kukar dalam tiga laga terakhir mereka musim ini.

2 dari 2 halaman

Bali United Masih Bisa Memberi Ancaman

Bicara soal Bali United yang masih akan dihadapi oleh PSM dan Persija, tim asuhan Widodo Cahyono Putro ini pun tak boleh dilupakan dalam persaingan menuju tangga juara.

Serdadu Tridatu boleh saja berada di peringkat keempat dengan terpaut sampai delapan poin. Namun, laga kontra PSM dan Persija yang mereka jalani dalam lima laga terakhir bisa menjadi titik balik untuk melesat ke puncak klasemen.

Kans Bali United untuk menjadi juara memang tak sebesar tiga tim yang berada di posisi tiga besar. Bukan karena Stefano Lilipaly dkk. berada di luar tiga besar, melainkan nama-nama tim lawan yang perlu dihadapi selain PSM dan Persija.

Bali United harus bertandang ke Jayapura untuk menghadapi Persipura dalam laga pekan ke-30, tim yang selama ini hanya melepas sembilan poin ketika menghadapi lima klub lawan di kandang mereka. Tiga poin di Jayapura sejauh ini hanya berhasil diraih oleh Bhayangkara FC dan Persija Jakarta.

Setelah itu, Bali United masih harus menjamu Persebaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Laga ini pun dipastikan sengit karena Persebaya juga pasti ingin mengincar kemenangan ketiga mereka di kandang lawan pada musim ini.

Kemudian bertandang ke PSM dan menjamu Persija akan menjadi dua laga paling penting yang dihadapi Bali United. Meraih poin maksimal dalam dua pertandingan tersebut akan langsung memastikan Bali United semakin dekat dengan tim-tim yang berada di atasnya, sembari harus meraih kemenangan atas Bhayangkara FC di pertandingan terakhir mereka musim ini.

Perjuangan Bali United dalam lima laga terakhir memang patut dinantikan, terutama karena laga kontra PSM dan Persija akan mampu memberi kepastian bagi mereka di akhir musim nanti. Ilija Spasojevic, Melvin Platje, Irfan Bachdim, dan pemain-pemain bintang Bali United lainnya dipastikan harus bekerja ekstra keras untuk membuat kejutan di akhir musim ini.

Video Populer

Foto Populer