Sukses


Cerita Osvaldo Haay, Berkarier di Persebaya Sekaligus Kuliah di Jayapura

Bola.com, Surabaya - Pemain depan Persebaya, Osvaldo Haay tengah disibukkan dengan kegiatan perkuliahan. Namun, jangan dibayangkan pemain berusia 21 tahun bisa menjalaninya dengan mudah.

Osvaldo tidak berkuliah di Surabaya, kota basis Persebaya. Sementara itu, pemain asal Jayapura tersebut saat ini juga masih berstatus sebagai mahasiswa aktif program sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura.

Ya, pemain yang akrab disapa Valdo itu tidak mengambil jurusan keolahragaan seperti yang biasa dilakukan pesepak bola lain. Pemilihan jurusan ini didasari oleh latar belakangnya saat menempuh pendidikan sekolah menenagah.

"Di Uncen, ada juga sih jurusan keolahragaan. Tapi, saya lulusan jurusan Akuntansi SMKN 2 Jayapura. Jadi sekalian meneruskan apa yang saya pelajari dulu," ungkap Valdo kepada Bola.com, Kamis (8/11/2018).

Sejak meninggalkan Persipura Jayapura dan bergabung Persebaya awal musim ini, Valdo tidak pernah mengambil cuti kuliah. Dia tetap melanjutkan pendidikannya itu meski tak pernah hadir di dalam ruang perkuliahan.

"Selama ini saya terus menjalin komunikasi dengan dosen dan teman-teman di kampus. Jadi, perkuliahannya lewat komunikasi itu. Kadang, dosen juga memberikan tugas khusus buat saya," kata Valdo.

"Memang sulit sekali. Dulu saat masih di Jayapura, saya agak kesulitan bagi waktu. Kadang latihan pagi, ternyata ada kuliah pagi. Latihan sore, juga dosen mengajar sore. Apalagi sekarang saya di Surabaya, semakin sulit," imbuhnya.

Setelah 10 bulan berada di Surabaya, akhirnya Valdo untuk pertama kali pulang ke Jayapura. Momen itu terjadi saat Persebaya menjalani partai tandang ke markas Persipura pada 30 Oktober 2018.

Kebetulan, Valdo tidak bisa diturunkan pada laga tersebut karena terkena sanksi larangan bertandingan. Namun, namanya sudah terlanjur termasuk dalam skuat yang dibawa oleh Persebaya pada lawatan tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Bertemu Keluarga

Pemain berdarah Papua-Jawa itu tentu saja memanfaatkan momen kepulangannya itu dengan bertemua keluarga di sana. Tak lupa, dia juga menyambangi kampus untuk menemui teman-teman kuliah dan dosennya.

"Saya coba bertemu dosen untuk mengurus perkuliahan. Memang agak sulit, seperti semester lalu saya gagal ikut UAS (ujian akhir semester). Tapi, saya sempat ambil semester pendek, jadi masih bisa berjalan lancar," terang pemain yang akrab disapa Valdo itu.

"Semester ini kemungkinan ikut UAS masih terbuka. Nanti Liga 1 berakhir, saya akan pulang ke Jayapura untuk mengurus perkuliahan. Kalau UAS tidak bisa, kemungkinan ambil semester pendek lagi," imbuhnya.

Sebagai mahasiswa angkatan 2015, Valdo kini tengah memasuki semester tujuh. Dia juga mengaku sudah mengambil mata kuliah proposal skripsi yang rencananya bisa tuntas semester ini.

Masalahnya, seminar proposal skripsi itu seharusnya digelar pada pertengahan November ini. Sedangkan Valdo saat ini masih disibukkan dengan berbagai agenda Persebaya yang sedang berjuang bertahan di Liga 1.

"Terpaksa saya melewatkan seminar itu dulu. Seharusnya kalau proposal selesai, semester depan saya bisa langsung ambil skripsi. Kalau kondisinya begini, kelulusan saya akan molor nantinya," ucap Osvaldo Haay.

Video Populer

Foto Populer