Sukses


Barito Putera Kantongi Poin 45, Jacksen Tiago Baru Bisa Tidur Nyenyak

Bola.com, Malang - Kontestan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, termasuk Barito Putera, mulai berhitung peluang di klasemen akhir. Pekan ini memasuki akhir pekan ke-31 atau kompetisi musim ini tinggal menyisakan tiga laga.

Inilah masa adrenalin orang-orang yang terlibat dalam klub sedang panas. Bagi tiga tim teratas seperti PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Persib Bandung, jelas mahkota juara sebagai bidikan utama mereka.

Di papan bawah, jantung manajemen PS Tira, Perseru Serui, dan PSMS Medan terus berdegup kencang. Mereka harus bersaing untuk menghindari jurang degradasi.

Lalu bagaimana dengan klub-klub yang bertengger di papan tengah? Ternyata posisi mereka sedang menggantung. Penghuni jajaran medium ini malah dalam ambiguitas.

Poin mereka tak cukup untuk bersaing berebut gelar kampiun. Sebaliknya, mereka masih rawan terdegradasi karena selisih poin dengan tim-tim terbawah berimpitan.

Barito Putera, misalnya. Pasukan Jacksen F. Tiago ini saat ini bermukim di urutan kedelapan klasemen sementara dengan poin 43.

"Kami akan tahu aman kalau kompetisi sudah berakhir. Saya tak bisa tidur nyenyak kalau Barito Putera belum dapat poin minimal 45. Itu batas aman kami lepas dari degradasi," tutur Jacksen Tiago.

Laskar Antasari masih punya satu jatah kandang menjamu Borneo FC (30/11/2018). Dua partai tandang melawan Arema FC (24/11/2018) dan Persib (9/12/2018).

 

2 dari 2 halaman

Ingin Tenang

Jika Jacksen menargetkan 45 angka, berarti Barito Putera butuh dua hasil seri dari sisa tiga laga di atas.

"Tapi, kami tak mau berjudi dengan mengejar tambahan dua hasil imbang. Kami harus mengalahkan Borneo FC agar benar-benar tenang," ujar Jacksen.

Pelatih Persipura Jayapura itu menggunakan patokan dalam menghitung poin aman buat tim asuhannya, yakni mengacu poin lima tim terbawah. Mereka adalah Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PS Tira (36 poin), Perseru (35), serta PSMS (34).

"Asumsi saya tim-tim itu memenangi semua sisa laganya, akan ketemu ambang batas aman adalah 45 poin. Angka itu akan sama dimiliki Mitra, Sriwijaya FC, dan PS Tira. Itu pun belum aman, karena akan ditentukan lagi dengan head to head pertemuan antartim saat bertanding. Jadi, sebenarnya, 45 juga masih rawan buat Barito Putera," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer