Sukses


4 Fakta Menarik Persebaya saat Menumbangkan Bali United

Bola.com, Gianyar - Persebaya sukses melakukan pesta besar pada laga pekan ke-31 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Mereka menang 5-2 atas Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu malam (18/11/2018). 

Lima gol tim berjulukan Bajul Ijo itu dicetak oleh dua pemain saja. Tiga diantaranya merupakan hattrick striker David da Silva, sementara sisanya adalah brace kreasi pemain sayap Osvaldo Haay. 

Kemenangan ini meneruskan tren positif yang dimiliki oleh Persebaya. Sebelumnya, Persebaya berhasil menaklukkan dua tim yang sedang terlibat persaingan gelar juara, PSM Makassar dan Persija Jakarta, dengan skor identik 3-0. 

Selain itu, Persebaya juga memiliki catatan impresif dengan memenangi lima dari enam pertandingan terakhir. Hebatnya, mereka mencetak 20 gol dalam jumlah laga tersebut.

Hasil ini membuat Persebaya menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara meraih 44 poin. Jarak mereka dengan batas zona Asia atau tiga juga semakin dekat, hanya lima poin. Persib Bandung yang berada di peringkat ketiga memiliki 49 poin. 

Pertandingan Bali United Vs Persebaya melahirkan beberapa fakta menarik sekaligus rekor baru. Bola.com telah mengumpulkannya dan berikut ulasannya:

 

2 dari 5 halaman

Kemenangan Gol Tandang Terbesar

Untuk kali pertama, Persebaya mampu mencetak lima gol dalam sebuah pertandingan tandang. Sebelumnya, klub berjulukan Bajul Ijo ini paling banyak mencetak empat gol ke kandang lawan. 

Masing-masing terjadi saat melawat ke markas PS Tira dan Persib Bandung yang unggul dengan skor identik 4-1. Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman sebelumnya menyebutkan bahwa anak asuhnya memiliki semangat besar untuk bermain di kandang lawan. 

Dia sudah meminta Rendi Irwan dkk. untuk tetap bermain seperti di kandang sendiri meski dengan status tim tamu. Alhasil, pemain Persebaya bisa tampil menggila dan mempermalukan tim tuan rumah.

3 dari 5 halaman

Rekor Hattrick David da Silva

 

Striker David da Silva memang memegang catatan sebagai top scorer sementara Liga 1 dengan raihan 20 golnya. Namun, dia memiliki satu rekor lagi yang tidak dimiliki oleh pemain lain. 

Pemain asal Brasil itu berhasil mencetak hattrick saat Persebaya menggilas Bali United dengan skor 5-2. Itu merupakan hattrick ketiga yang dicetak oleh Da Silva selama musim ini. 

Sebelumnya, Mitra Kukar dan PS Tira juga sudah menjadi korban keganasan Da Silva lewat trigolnya. Kedua laga itu sama-sama berakhir dengan skor 4-1 untuk Persebaya. 

Sampai sejauh ini, belum ada pemain lain di Liga 1 yang memegang catatan tersebut. Beberapa pemain hanya mampu sekali mencatat hattrick.

Mereka adalah Bruno Silva (PSIS Semarang), Aleksandar Rakic (PS Tira), Samsul Arif (Barito Putera), Dendy Sulistyawan (Persela Lamongan), Osvaldo Haay (Persebaya), dan Matias Conti (Borneo FC).

4 dari 5 halaman

Selebrasi Unik

Pertandingan antara Persebaya dan Bali United ini melahirkan beberapa selebrasi unik setiap kali terjadi gol. Dua di antaranya memiliki makna yang sangat besar untuk pemain masing-masing. 

Pada gol keempat yang dicetak oleh Osvaldo Haay, para pemain Persebaya melakukan doa memanjatkan syukur dengan tata cara kepercayaan masing-masing. Tak hanya itu, Osvaldo juga melakukan selebrasi dengan menutup telinganya. 

Sementara pada gol kelima kreasi Da Silva, dia memasukkan bola ke dalam jerseynya bak seorang yang sedang hamil. Rupanya, istri Da Silva, Fanny Pacanaro saat ini memang mengandung buah pernikahan mereka.

Gaya selebrasi pemain Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

5 dari 5 halaman

Mendapat Dukungan Bonek

Untuk kali pertama pula, Persebaya mendapat dukungan yang sangat masif saat melakoni partai tandang. Meski, hanya sekitar 6.000 Bonek yang berhasil mendapat tiket dan bisa masuk stadion. 

Suporter Persebaya, Bonek, di kompleks Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, jelang laga melawan Bali United, Minggu (18/11/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Namun, diprediksi terdapat lebih dari 15 ribu Bonek yang hadir di area stadion. Panpel tuan rumah kemudian menyediakan layar besar di luar stadion untuk nonton bareng. 

Jarak antara Surabaya ke Bali memang bisa diakses dengan mudah sehingga membuat Bonek datang. Apalagi, akhir pekan ini terdapat libur panjang karena Selasa (20/11/2018) merupakan hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW.   

Video Populer

Foto Populer