Sukses


3 Pemain Terbaik Pekan Ke-32 Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Pertandingan pekan ke-32 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang digelar pada Jumat (23/11/2018) hingga Senin (26/11/2018), sangat menarik mengingat persaingan di papan atas maupun papan bawah klasemen Liga 1 2018 semakin seru. Sembilan pertandingan berakhir dengan terciptanya 32 gol.

Persib Bandung kontra Perseru Serui menjadi laga pembuka pekan ke-32 Liga 1 2018. Pertandingan ini berakhir imbang 2-2 dengan akhir yang dramatis. Persib Bandung yang lebih dulu unggul 2-0 akhirnya harus menerima kenyataan hanya meraih satu poin karena Perseru mampu mencetak gol lewat titik putih dan sebuah gol penting pada masa injury time.

Dalam pekan ke-32 Liga 1 2018 ini, tak ada satu pun tim tamu yang berhasil meraih tiga poin penuh. Selain Perseru Serui yang meraih satu poin dari Persib, PSIS Semarang menjadi tim lain yang meraih satu poin dalam laga tandang mereka menghadapi Madura United.

Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Arema FC, Persija, PSM Makassar, Borneo FC, dan Persebaya Surabaya, menjadi tim-tim yang berhasil meraih tiga poin penuh dalam pekan ke-32 Liga 1 2018. Kemenangan yang diraih Persija dan PSM pun membuat persaingan kedua tim di dua posisi teratas kian menarik saat musim ini hanya menyisakan dua pertandingan lagi.

Persib Bandung dan Bhayangkara FC yang sebelumnya masih memiliki kans untuk bisa bersaing menuju gelar juara pun harus memastikan peluang tersebut harus tertutup pada pekan ini. Bhayangkara FC harus kalah 0-1 saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya.

Sementara dalam persaingan menyelamatkan diri dari zona degradasi, hanya Mitra Kukar yang berhasil meraih tiga poin dan untuk sementara berhasil keluar dari zona berbahaya. Mitra Kukar meninggalkan zona berbahaya setelah menang tipis 1-0 atas PS Tira yang juga dalam persaingan keluar dari degradasi.

Sementara itu, Perseru berhasil meraih satu poin dari Persib, Sriwijaya FC dan PSMS Medan harus mengikuti jejak PS Tira yang menelan kekalahan. Sriwijaya FC kalah dramatis 2-3 di kandang Persija, sementara PSMS Medan kalah 1-3 di kandang Persipura Jayapura.

Dalam pekan penuh persaingan, Bola.com memilih tiga pemain yang tampil sangat baik di pekan ke-32 Liga 1 2018 itu.

2 dari 4 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa layak menjadi pemain terbaik pada pekan ke-32 Liga 1 2018 karena sosoknya sebagai pemimpin di lapangan berpengaruh besar terhadap kemenangan Persipura atas PSMS di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (24/11/2018). Sejak pertandingan dimulai, Boaz Solossa sudah langsung menjadi ancaman bagi PSMS.

Kapten Persipura ini hampir saja memecah kebuntuan Persipura di babak pertama setelah tembakan kaki kirinya di depan kiper PSMS, Abdul Rohim, yang nekat keluar dari sarangnya untuk menghalau serangan Boaz yang bebas tanpa kawalan. Sayang, tembakan jarak jauh Boaz tak mengubah kedudukan karena bola hanya membentur tiang gawang.

Namun, setelah Persipura membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Hilton Moreira pada menit ke-48, Boaz Solossa kemudian semakin memperlihatkan peran pentingnya dalam tim. Boaz mencetak gol kedua Persipura memanfaatkan umpan silang Gunansar Mandowen dari sisi kiri.

Kepemimpinan Boaz Solossa yang tidak egois saat mendapatkan bola memang patut diacungi jempol. Momen tersebut terjadi saat tim berjulukan Mutiara Hitam itu mencetak gol ketiga pada menit ke-83.

Boaz Solossa berhasil merebut bola dari pemain PSMS dan berlari kencang ke depan gawang PSMS yang hanya menyisakan Abdul Rohim sebagai pengawal gawang. Saat berhadapan dengan kiper PSMS itu, Boaz memilih untuk menyodorkan bola ke sisi kiri, di mana Hilton Moreira menyambut dan mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. 

3 dari 4 halaman

Michael Orah

Pemain berposisi bek kiri ini memang tidak mencetak satu gol pun dalam kemenangan dramatis Persija Jakarta atas Sriwijaya FC pada pekan ke-32 Liga 1 2018. Dalam pertandingan tersebut, Persija menang 3-2 yang ditentukan lewat gol Maman Abdurrahman pada masa injury time.

Michael Orah mendapatkan kepercayaan menjadi pengganti Rezaldi Hehanussa yang harus menjalani hukuman akumulasi dalam laga penting ini. Pemain kelahiran Tomohon itu pun berusaha maksimal untuk membayar kepercayaan yang diberikan Stefano Cugurra Teco.

Sebuah umpan silang ke jantung pertahanan Sriwijaya FC pada menit ke-31 menjadi sebuah kontribusi besar karena Ramdani Lestaluhu menyambutnya dan berbuah gol kedua Persija yang membuat tim tuan rumah itu kembali unggul 2-1.

Assist yang diciptakan Michael Orah untuk Ramdani Lestaluhu merupakan yang ketiga dilakukannya selama berseragam Persija pada putaran kedua Liga 1 2018. Sebelumnya Orah juga memberikan assist saat Persija menang atas Persipura Jayapura dan Persela Lamongan.

Setelah Sriwijaya FC kembali berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan tampak pertandingan akan berakhir dengan hasil imbang, sebuah umpan sepak pojok yang dilepaskan Michael Orah menjadi awal dari gol penentu kemenangan Persija.

Umpan tersebut disambut Marko Simic dengan tandukan yang mengenai tubuh pemain Sriwijaya FC. Bola liar pun ditanduk oleh Maman Abdurrahman yang berdiri bebas dan menjadi gol ketiga Persija.

4 dari 4 halaman

Ferdinand Sinaga

Berstatus sebagai pemain pengganti saat PSM Makassar menjamu Bali United di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, Minggu (25/11/2018), Ferdinand Sinaga memperlihatkan kualitas dan ketajaman di lini depan dengan sangat baik.

Dalam kondisi PSM unggul 2-0, Robert Rene Alberts memutuskan untuk memasukkan Ferdinand Sinaga dengan menarik keluar Sandro pada menit ke-63. Keputusan pelatih PSM itu sangat tepat karena masuknya Ferdinand membawa PSM bermain semakin menggila.

Ferdinand Sinaga berhasil mencetak gol dalam pertandingan tersebut, membuatnya hanya membutuhkan sekitar 20 menit sejak masuk lapangan untuk beradaptasi cepat. Kualitas penyelesaian akhir yang diperlihatkan pemain kelahiran Bengkulu itu layak membuatnya disebut sebagai yang terbaik pada pekan ke-32 Liga 1 2018.

Ferdinand Sinaga mencetak gol pertamanya dalam pertandingan tersebut pada menit ke-84. Berawal dari umpan Wiljan Pluim yang berusaha lepas dari kawalan pemain Bali United, bola diteruskan oleh Rizky Pellu kepada Ferdinand Sinaga. Dengan dingin striker berusia 30 tahun itu melepaskan tembakan placing melewati sisi kanan kiper Bali United, Wawan Hendrawan, dan bola masuk ke gawang dengan mulus.

Dalam kondisi penuh semangat, Ferdinand Sinaga mencetak gol keduanya pada menit ke-90. Berawal dari sepak pojok yang berlanjut dengan tendangan salto M. Rahmat, bola yang meluncur ke arah sisi kiri gawang Bali United disambar oleh tandukan keras Ferdinand yang mengejutkan Wawan Hendrawan.

Gol kedua Ferdinand Sinaga menjadi gol terakhir yang tercipta dalam pertandingan tersebut. PSM menang telak 4-0 atas Bali United dan kembali ke puncak klasemen menggeser Persija Jakarta dengan keunggulan satu poin.

Video Populer

Foto Populer