Sukses


PSSI Menetapkan 3 Pelatih Timnas Indonesia pada 20 Desember 2018

Bola.com, Jakarta - PSSI merencanakan menetapkan pelatih Timnas Indonesia untuk program 2019 pada 20 Desember 2018. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menegaskan akan menetapkan tiga pelatih Timnas Indonesia, mulai Timnas Indonesia U-22, Timnas Indonesia senior, dan Timnas Putri Indonesia sebelum ketiga tim nasional tersebut berkiprah di kompetisi masing-masing pada awal 2019.

Seperti pernah diungkap Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono, evaluasi mengenai Timnas Indonesia yang gagal memberikan prestasi di Piala AFF 2018 dilakukan pada Jumat (7/12/2018).

Pada Kamis hari ini, Exco PSSI kembali melakukan pertemuan dengan beberapa agenda, baik evaluasi kerja 2018 dan penyusunan program 2019 termasuk agenda Kongres Tahunan PSSI 2019 yang digelar 20 Januari 2019 di Bali.

Ratu Tisha Destria menegaskan evaluasi yang dilakukan PSSI menyangkut lima pilar utama, yaitu organisasi, kompetisi, pengembangan sepak bola, aktivitas media pendukung termasuk bisnis, dan terakhir Timnas Indonesia. Ratu Tisha menegaskan evaluasi menyeluruh Timnas Indonesia, di mana ada sembilan tim yang tampil selama 2018, belum selesai dilakukan.

Namun, Sekjen PSSI itu menekankan penetapan pelatih Timnas Indonesia akan dilakukan pada rapat Exco PSSI yang digelar tepat satu bulan sebelum Kongres Tahunan PSSI.

"Hari ini hari pertama dalam rangkaian evaluasi itu sampai 20 Desember nanti. Dari 7 sampai 20 Desember adalah evaluasi, dan hari ini adalah pembukaan dari evaluasi tersebut di rapat Exco yang dihadiri juga Ketua Umum PSSI. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapat kerja Asprov PSSI untuk membicarakan program kompetisi di provinsi masing-masing karena Timnas Indonesia adalah buah dari kompetisi," ujar Ratu Tisha saat ditemui Bola.com di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

"Intinya, penetapan pelatih Timnas Indonesia pasti pada 20 Desember 2018, karena mekanismenya memang harus melalui rapat Exco PSSI terlebih dulu. Kemudian pemusatan latihan akan dimulai pada awal Januari 2019," lanjut Tisha.

Prioritas PSSI dalam penunjukan pelatih Timnas Indonesia akan dimulai untuk tim U-22, yang akan berlaga di Piala AFF U-22 2019 yang digelar pada Februari hingga Maret 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada Maret 2019 di Vietnam.

Namun, Ratu Tisha Destria juga menekankan penunjukan pelatih Timnas Putri Indonesia dan Timnas Indonesia senior juga akan dilakukan pada saat sama.

"Yang mepet agendanya adalah Timnas Putri Indonesia untuk persiapan praolimpiade putaran kedua. Pada 1 April 2019 mereka akan berangkat. Penetapan pelatih juga dilakukan Desember ini, karena pada Januari 2019 mereka sudah harus melakukan pemusatan latihan. Selanjutnya, pelatih Timnas Indonesia senior karena FIFA Matchday terdekat ada di Maret 2019. Jadi, tiga timnas itu yang akan kami prioritaskan penunjukan pelatihnya," ujar Tisha.

Video Populer

Foto Populer