Sukses


Resep Samsul Arif Tetap Memesona di Usia Tak Lagi Muda

Bola.com, Jakarta - Samsul Arif memang tak muda lagi. Namun kemampuannya mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan. Di usianya yang sudah melewati usia emas, pemain asal Bojonegoro kelahiran 14 Januari 1985 ini masih bisa diadu dengan pemain yang lebih muda.

Sebagai bukti, semusim membela Barito Putera, Arif mencetak 14 gol. Jumlah gol ini merupakan yang terbanyak dibanding pemain Laskar Antasari lainnya. Bahkan ia mengalahkan jumlah gol striker asing Barito Marcel Sacramento.

Nama Samsul menyembul di daftar atas pencetak gol Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak, di antara kepungan bomber-bomber asing. Torehan golnya mengalahkan bomber lokal ikonik macam Boaz Solossa, Lerby Eliandry, Greg Nwokolo, atau Ilija Spasojevic.

Tak hanya urusan mencetak gol, penampilan Arif masih sama dengan beberapa tahun silam. Ia tak kehilangan kecepatan dan kelincahannya. Arif bisa meliuk dan menyelinap di balik pemain bertahan lawan sebelum merobek jala lawan.

Lantas apa resep Samsul Arif bisa menjaga performanya tak menurun di umur yang tergolong gaek untuk seorang pemain bola? Berikut petikan wawancara  Bola.com dengan striker yang sempat bermain di Persibo Bojonegoro, Persela Lamongan, Persib Bandung, dan Arema FC:

:

2 dari 2 halaman

Belum Pikirkan Kontrak Baru

Apa resepnya bisa menjaga ketajaman di usia yang tak lagi muda?

Tidak ada resep khusus. Saya hanya selalu berusaha mencari peluang sekecil apa pun dan memaksimalkannya.

Apakah ada latihan khusus?

Saya hanya berusaha menjaga kebugaran, disiplin makanan, pola tidur, dan berlatih serius layaknya pertandingan sebenarnya.

Anda tampil gemilang di banyak pertandingan, adakah kaitannya dengan skema yang diterapkan pelatih?

Tidak juga. Dalam sepak bola modern, seorang pemain dituntut untuk selalu beradaptasi dengan skema apa pun yang diterapkan pelatih. Di mana pun saya bermain, saya selalu berusaha mengikuti arahan pelatih.

Apa motivasi Anda, sehingga bisa mencetak 14 gol dan menjadi top scorer Barito?

Motivasi saya hanya ingin memberikan yang terbaik pada klub dan tim yang saya bela. Selain itu, saya ingin berkarier di sepak bola, jadi saya selalu ingin menunjukkan yang terbaik.

Dengan torehan Anda musim ini, ada kans untuk mendapatkan perpanjangan kontrak. Apakah masih di Barito?

Belum tahu. Saya masih ingin konsentrasi bersama tim menghadapi Piala Indonesia. Setelah itu baru memikirkan kelanjutan karier saya musim depan. Prinsipnya saya masih ingin bermain dan memberikan yang terbaik bagi klub saya.

 

Nikmati video pilihan di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer