Sukses


PSM Yakin Bisa Memainkan Eero Markkananen di Piala AFC 2019

Bola.com, Makassar - PSM Makassar optimitis bisa memainkan striker anyarnya, Eero Markkanen pada fase grup Piala AFC 2019. Keyakinan itu diungkap Andi Widya Syadzwina, sekretaris tim kepada awak media Makassar, Kamis (24/1/2018).

Menurut Wina, sapaan akrabnya, tenggat waktu pendaftaran pemain untuk Piala AFC 2019 memang ditutup pada 28 Januari. Padahal, jendela transfer untuk Indonesia baru dibuka 15 Februari. Tapi, ada regulasi AFC terkait International Transfer Certificate atau ITC yang bisa jadi dasar untuk memainkan Eero Marrkanen.

Dalam aturan itu dijelaskan bahwa untuk klub yang bermain langsung pada fase grup, harus menuntaskan salinan ITC atau membuktikan bahwa ITC pemain telah dikeluarkan sesuai dengan peraturan FIFA.

"Serta disampaikan melalui sistem online AFCAS selambat-lambatnya tujuh hari sebelum pertandingan pertama klub di penyisihan grup," papar Wina.

Jadi, kalau dikaitkan dengan jadwal pendaftaran jendela transfer di Indonesia pada 15 Februari, maka PSM masih punya waktu untuk mendaftarkan Marrkanen. Karena pertandingan perdana PSM di Piala AFC 2018 dijadwalkan pada 27 Februari.

Dalam hal ini, PSM lebih beruntung dari Persija yang tak bisa menurunkan empat pemain baru pada pertandingan kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia 2019. Mereka adalah Vinicius Lopes Laurindo, Jakhongir Abdumuminov, dan Bruno Matos, ditambah Ryuji Utomo pada babak kualifikasi LCA.

Markkanen jadi satu-satunya pemain baru PSM yang belum bisa didaftarkan karena terkait ITC. Satu pemain asing lainnya, Aaron Evans tidak masalah karena pada musim lalu bermain untuk Barito Putera. Sedangkan lima rekrutan anyar lainnya adalah pemain lokal yakni Munhar, Bayu Gatra, Beny Wahyudi, Herry Prasetyo dan Taufik Hidayat.

Video Populer

Foto Populer