Sukses


5 Tuan Rumah Piala Presiden Ditentukan Pekan Depan

Bola.com, Malang - Turnamen Piala Presiden 2019 bakal dimulai pada 2 Maret 2019. PSSI sebagai penyelenggara sudah sampai tahap akhir untuk persiapan even ini. Dari waktu pelaksanaan sampai 20 tim peserta sudah ditentukan. Update terbaru, pekan depan pemilihan tuan rumah dan drawing grup akan dilakukan.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, menyampaikan untuk venue, semua tempat atau klub masih berpeluang jadi tuan rumah fase grup. Akan ada lima grup dalam babak awal turnamen yang tahun ini memasuki edisi keempat.

"Semua masih punya peluang yang sama jadi tuan rumah. Pertimbangannya pasti fasilitasnya (stadion) memenuhi syarat, akses mudah, dan penginapan banyak tersedia," kata IB, sapaan akrabnya.

Secara teknis, dia memberikan bocoran Piala Presiden akan diakhiri dengan partai final yang memakai sistem kandang dan tandang. Tujuannya tentu membuat even ini lebih semarak. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang partai puncaknya dilangsungkan di tempat netral.

Sementara dari segi peserta juga sudah ditentukan, yakni 20 tim, yang berasal dari 18 klub peserta Liga 1 2019 dan dua slot lain diisi Persita Tangerang dan Mitra Kukar. Dua klub itu dipilih karena pertimbangan posisi musim lalu.

Persita menduduki posisi keempat di Liga 2 2018, sedangkan Mitra Kukar jadi tim terdegradasi dari Liga 1 yang posisinya paling bagus dibandingkan dua klub degradasi lainnya.

"Untuk kepastian rilisnya, nanti setelah RUPS PT Liga 20 Februari 2019, akan dirilis. Baik untuk sistem, venue dan sebagainya," imbuh mantan CEO Arema FC ini.

 

2 dari 2 halaman

Agenda Rutin

Piala Presiden jadi ajang pramusim sejak tahun 2015. Persib Bandung, Arema FC, dan Persija Jakarta sudah pernah jadi juara di turnamen ini.

Tahun ini Piala Presiden dikaitkan dengan isu politik sehingga awalnya ada pro dan kontra. Apalagi PSSI lebih memilih untuk menunda Piala Indonesia demi memberikan waktu untuk Piala Presiden digelar sebelum agenda politik pemilihan Presiden.

"Untuk penjelasan menunda Piala Indonesia itu karena faktor penyesuaian. Turnamen ini sempat terhenti lama dan harus melibatkan banyak klub sehingga butuh waktu panjang. Sementara Piala Presiden sudah rutin digelar sebagai agenda pramusim setiap klub. Tentu tidak mungkin menunda Piala Presiden dan digelar bersamaan dengan kompetisi," jelas IB.

Pemain Liga 1 Indonesia yang Pernah Merumput Bersama Pemain Top Eropa

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer