Sukses


Prediksi Tira-Persikabo Vs Persija: Manfaatkan Kondisi Tak Maksimal Tim Tamu

Bola.com, Cibinong - Tira-Persikabo bakal menjamu Persija Jakarta pada leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019). Kedua tim Liga 1 sama-sama menjadikan pertandingan ini sebagai persiapan pramusim sembari mengincar kemenangan untuk melaju jauh di turnamen tersebut.

Tira-Persikabo akan menjadikan laga kontra Persija di Stadion Pakansari sebagai momen kembalinya ke Bogor setelah pada musim lalu bermarkas di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Dengan harapan mendapatkan dukungan dari masyarakat Bogor, tim asuhan Rahmad Darmawan itu berharap bisa memperoleh hasil yang sangat baik di leg pertama menghadapi Persija

Pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan, tak segan menyebut leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018 sebagai laga hidup dan mati bagi tim asuhannya.

"Pertandingan ini adalah hidup dan mati. Pertandingan ini sangat menentukan langkah kami, keinginan kami untuk lolos ke 8 besar," ujar Rahmad Darmawan dalam keterangan pers sebelum laga.

Pelatih yang karib disapa RD itu tak ingin status sebagai tim tuan rumah justru membebani pemain-pemain asuhannya. RD berharap para pemain bisa bermain lepas. 

"Saya ingin para pemain menanggapi tekanan yang ada dengan proporsi yang tepat, sehingga baik secara keseluruhan. Kami masih dalam tahap membangun kondisi fisik pemain, tapi harus dihadapkan dengan pertandingan Piala Indonesia," ujar RD.

"Secara keseluruhan semua pemain dalam kondisi siap. Pemain tidak ragu mengeluarkan kemampuannya, bermain lepas dan semangat. Bagi kami sebenarnya hasil nomor dua, tetapi proses dan kemauan pemain dalam pertandingan yang akan saya lihat," lanjutnya.

Sementara itu, kapten Tira-Persikabo, Manahati Lestusen, menegaskan kesiapannya dan rekan-rekan setimnya untuk menghadapi Persija. Gelandang bertahan yang pernah memperkuat Timnas Indonesia itu menegaskan timnya akan mewaspadai semua pemain Persija di lapangan hijau.

"Para pemain sudah siap, tinggal bagaimana permainan nanti. Kami mengikuti apa yang diinstruksikan oleh pelatih. Ada 11 pemain Persija yang semua harus diwaspadai. Namun, yang pasti kami berharap bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat, karena dengan kembali ke sini semoga ada animo dari masyarakat Bogor untuk mendukung kami," ujar Manahati.

2 dari 3 halaman

Persija Dalam Kondisi Tak Maksimal

Persija Jakarta datang ke markas Tira-Persikabo dengan persiapan yang tak terlalu maksimal. Kehilangan sang striker utama, Marko Simic, yang masih bermasalah hukum di Australia serta para pemain yang masih menjalani recovery usai kekalahan 1-3 di Australia, cukup memengaruhi persiapan Persija.

Pelatih Persija, Ivan Kolev, dan sejumlah pemain Persija sudah menyatakan kesiapan menghadapi Tira-Persikabo meski tanpa kehadiran Marko Simic. Namun, Ivan Kolev juga harus mengakui para pemainnya masih harus memulihkan diri. Dia mengindikasikan harus memainkan mereka yang tidak tampil dalam pertandingan menghadapi Newcastle Jets di Australia pada Selasa (12/2/2019).

"Situasi kami sedikit sulit karena kami tidak ada persiapan yang baik. Kami baru memainkan sebuah pertandingan yang ketat di Australia, sebuah pertandingan yang berlanjut hingga 120 menit. Selain itu perjalanan cukup lama dan itu menjadi masalah besar mengingat kami harus memulihkan kondisi pemain," ujar Ivan Kolev.

"Tentu saja kami memikirkan pemain yang tidak bermain ketika bertanding di Australia. Mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam pertandingan ini," lanjut pelatih asal Bulgaria itu.

Sementara itu, absennya Simic menyisakan Bambang Pamungkas sebagai satu-satunya striker murni yang bisa bermain dalam pertandingan kali ini. Namun, kabarnya Persija memilih opsi dengan menggeser Heri Susanto dari sayap ke posisi ujung tombak. Namun, Ivan Kolev belum ingin memastikan kemungkinan itu hingga jelang laga.

"Ada peluang untuk Bepe bermain. Kalian akan lihat sendiri karena dia juga melakukan persiapan yang sama speerti pemain lain. Saya pikir kondisinya pun cukup bagus untuk bermain. Pasti akan ada pemain baru di tim kami karena memang kami membutuhkan pemain yang segar," ujar Kolev.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Tira-Persikabo (4-3-3): Syahrul (kiper); Rifad Marasabessy, Khursed Beknazarov, Herwin Tri Saputra, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Rezky Ikhwan, Guntur Triaji (tengah), Ahmad Nufiandani, Loris Arnaud, Ciro Alves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper): Ismed Sofyan, Vinicius Lopes, Maman Abdurrahman, Dani Saputra (belakang); Septinus Alua, Jakhongir Abdumuminov, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Bambang Pamungkas (depan)

Pelatih: Ivan Kolev

Video Populer

Foto Populer