Sukses


Piala AFF U-22 2019: Vietnam Juara Grup A, Thailand Bertemu Kamboja di Semifinal

Bola.com, Jakarta - Grup A Piala AFF U-22 2019 sudah tuntas menggelar pertandingan. Pada Kamis (21/2/2019), ada dua laga yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, yakni Vietnam kontra Thailand serta Timor Leste melawan Filipina.

Sebelum pertandingan, Vietnam dan Thailand sudah memastikan tiket ke semifinal sehingga apa pun hasil pada duel Timor Leste kontra Filipina, sudah tak berpengaruh.

Meski begitu, kedua tim tetap tampil sportif. Timor Leste berhasil meraih kemenangan pertama sekaligus terakhir di turnamen ini sehingga mereka bisa pulang dengan kepala tegak.

Timor Leste menang 1-0 lewat gol Mouzinho de Lima pada menit ke-64. Raihan tiga poin ini membawa negara yang merupakan bekas provinsi di Indonesia itu menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup A.

Filipina jadi juru kunci lantaran tak mengoleksi satu poin pun, kalah beruntun dalam tiga pertandingan.

"Saya senang kami memenangi laga ini dan saya juga senang bisa mencetak gol. Saya berharap setelah ini kami jadi lebih baik di kualifikasi Piala AFC U-23 2020," ucap Lima, pencetak gol tunggal kemenangan Timor Leste, dikutip dari situs resmi AFF, Kamis (21/2/2019).

Sementara duel paling seru, Vietnam menghadapi Thailand, berlangsung antiklimaks. Kedua tim berbagi poin, setelah pertandingan berakhir tanpa gol alias 0-0.

 

2 dari 2 halaman

Mengistirahatkan Pemain

Kepastian lolos ke semifinal membuat kedua tim memilih mengistirahatkan mayoritas pemain inti. 

"Kami mengganti beberapa pemain dengan maksud memberi seluruh pemain menit bermain. Kami ingin pemain lebih teroganisasi dan siap untuk semifinal," kata Nguyen Quoc Tuan, pelatih Timnas Vietnam U-22.

Meski begitu, the Golden Stars cenderung menguasai permainan.

"Vietnam memiliki jelas unggul dalam hal penguasaan bola, namun mereka tak mau mencetak gol. Kami juga harus membuat sejumlah perubahan dalam skuat karena ada satu pemain mengantongi kartu kuning dan beberapa lainnya cedera," ujar Alexandreda Gama, pelatih Timnas Thailand U-22.

Dengan tambahan satu poin, kedua tim sama-sama mengemas poin tujuh. Namun, Vietnam keluar sebagai juara grup lantaran memiliki selisih satu gol lebih apik ketimbang Thailand.

Di semifinal Piala AFF U-22 2019, Vietnam masih akan menanti runner-up Grup B yang masih diperebutkan Indonesia, Malaysia, dan Myanmar, sementara Thailand berjumpa juara Grup B, Kamboja.

Nikmati sajian liputan khusus Piala AFF U-22 2019 dari Kamboja di situs Bola.com dengan mengklik tautan ini.

Bima Sakti Jelaskan Latihan Timnas Indonesia U-16 yang Berbeda di Tengah Pandemi COVID-19

Video Populer

Foto Populer