Sukses


Timnas Vietnam U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Generasi Baru Haus Prestasi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi partai menentukan di kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Minggu (24/3/2019). Lawan yang akan dihadapi dalam partai krusial ini tak kalah berat dari Thailand, yang jadi lawan pada matchday pertama. Kali ini Tim Garuda Muda akan menantang tuan rumah, Timnas Vietnam U-23.

Di atas kertas, Timnas Vietnam U-23 bakal jadi lawan tangguh. Mereka adalah finalis Piala AFC edisi terakhir, 2018. Di final yang bersejarah untuk sepak bola Vietnam itu, the Golden Stars kalah 1-2 dari Uzbekistan.

Meski begitu, pencapaian masuk final sudah menorehkan banyak sejarah baru untuk sepak bola Vietnam. Timnas Vietnam U-23 kini tertantang untuk setidaknya mempertahankan pencapaian itu. 

Maka itu, Timnas Indonesia U-23 wajib melupakan mereka pernah menekuk Vietnam dalam semifinal Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja. Meski baru satu bulan dari duel itu, Tim Garuda Muda sebaiknya menganggap itu cerita lalu.

Pasalnya, Vietnam yang akan dihadapi kali ini sudah berbeda. Dimulai dari sang pelatih. Jika pada Piala AFF U-22 2019, Vietnam dibesut Nguyen Quoc Tuan, kali ini Timnas Vietnam U-23 akan kembali ditangani Park Hang-seo.

Park Hang-seo merupakan sosok di balik kebangkitan sepak bola Vietnam dalam 1,5 tahun terakhir. Bersama pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Vietnam U-22/U-23 dan timnas senior, mencatatkan beberapa prestasi luar biasa.

Perubahan pelatih kepala memengaruhi komposisi pemain. Park meninggalkan mayoritas pemain yang tampil di Piala AFF U-22 2019 dan memanggil pemain-pemain berbeda. Setidaknya, hanya enam pemain yang kembali mendapat panggilan selepas tampil di Piala AFF U-22 2019. 

Sisanya, Park memanggil pemain berbeda, temasuk setidaknya enam pemain baru dan enam pemain itu sudah tampil saat Vietnam menyikat Brunei Darussalam 6-0 pada matchday pertama (22/3/2019).

Bicara komposisi, pemain Timnas Vietnam U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 ini dinilai menjanjikan. Lebih dari itu, skuat kali ini merupakan generasi baru sepak bola Vietnam. 

2 dari 2 halaman

Generasi Baru

Di saat generasi sebelumnya, era Vu Van Thanh, Luong Xuan Truong, Nguyen Cong Phuong beranjak ke timnas senior, muncul generasi baru dipimpin Nguyen Quang Hai. 

Nguyen Quang Hai merupakan salah seorang bintang di Timnas Vietnam U-23 saat ini. Dia alumnus Piala Dunia U-20 2017. Namun, ia tak sendiri. Bongdaplus menulis, di Timnas Vietnam U-23 yang tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 ini, ada 11 orang dari 21 pemain yang jadi amunisi Vietnam di Piala Dunia U-20 2017.

Hal itu berarti, hampir setengah dari total 23 pemain dalam satu tim yang diizinkan di kualifikasi Piala AFC U-2020, merupakan produk sukses Vietnam. Regenerasi yang terus berkelanjutan.

Menariknya, meski jadi satu di antara tim yang difavoritkan lolos ke putaran final, Park Hang-seo justru tak begitu yakin skuatnya kali ini mampu mengulang sukses seperti Piala AFC U-23 2018.

"Generasi pemain yang ini lebih baik secara fisik, tapi mereka tak sebagus senior mereka jika bicara perihal teknik. Pemain generasi baru ini tak bermain secara reguler di kompetisi lokal. Saya sedikit khawatir dengan penampilan mereka," kata Park sebelum kualifikasi Piala AFC U-22 2020 mulai bergulir seperti dikutip dari Vietnam News.

Selain itu ada tantangan lain yang dihadapi Park dalam menyiapkan timnya. Ia merasa tak punya cukup waktu untuk persiapan. 

"Kami mulai menyiapkan diri untuk turnamen ini pada 6 Maret 2019, tapi beberapa pemain datang terlambat karena harus tampil di Piala AFC 2019 bersama klub mereka. Periode pemusatan latihan yang singkat membuat mereka kesulitan mengevaluasi kemampuan mereka," imbuh Park.

Meski begitu, Timnas Vietnam U-23 mampu melewati adangan pertama di Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan meyakinkan. Mereka meremukkan Brunei dengan setengah lusin gol tanpa balas.

Bisa jadi itu karena Brunei dianggap sebagai tim terlemah di Grup K. Namun yang pasti, pemain di Timnas Vietnam U-23 saat ini sangat termotivasi dengan pencapaian senior mereka.

Ditunjang keberadaan pelatih bertangan dingin, Park Hang-seo, yang didukung sekitar 10 orang dalam staf kepelatihannya, plus dukungan tuan rumah yang sedang dilanda euforia kebangkitan sepak bola, hal itu jadi perpaduan pas bagi Timnas Vietnam U-23 mencatatkan prestasi lagi.

Video Populer

Foto Populer