Sukses


Arema Gunakan 3 Metode Pemulihan Jalani Recovery di Banjarmasin

Bola.com, Banjarmasin - Skuat Arema FC telah berada di Banjarmasin pada Rabu (3/4/2019) untuk melakukan recovery dan persiapan menjalani leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 yang akan digelar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Jumat (5/4/2019). Hari pertama berada di Banjarmasin, para pemain Arema menjalani recovery dengan tiga metode yang diberikan.

Arema FC hanya memiliki waktu dua hari untuk beristirahat sekaligus melakukan persiapan untuk leg kedua semifinal Piala Presiden 2019 setelah menang 3-0 atas Kalteng Putra di laga leg pertama semifinal yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (2/4/2019).

Waktu selama dua hari itu membuat Arema memutuskan untuk langsung bertolak ke Banjarmasin pada Rabu pagi dan melakukan recovery di ibu kota Kalimantan Selatan itu.

Meski sudah memiliki modal kemenangan 3-0, di laga pertama, Arema tetap berupaya untuk meraih hasil terbaik di pertemuan kedua. Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi, dilibatkan untuk memberikan program pemulihan kondisi lebih cepat.

“Ada tiga hal yang dilakukan, yaitu ice bath, massage, dan pemberian vitamin,” kata mantan dokter Timnas Indonesia itu.

Tiga program tersebut sudah dilakukan sejak Arema tiba di Banjarmasin. Pemain langsung tidur pulas di kamar masing-masing pada pagi hari karena Hamka Hamzah dkk. tidak mendapat waktu istirahat usai pertandingan setelah manajemen dan tim pelatih sepakat berangkat pukul 02.30 WIB dari Malang menuju Bandar Udara Juanda, Sidoarjo.

Sementara itu, pada sore harinya semua pemain menjalani ice bath di halaman hotel tempat Singo Edan menginap. Arema mempersiapkan program ini dengan membawa kolam portabel dari Malang karena hotel tidak memiliki fasilitas untuk ice bath.

Massage dilakukan secara bergiliran hingga keesokan harinya, mengingat Arema membawa tiga ofisial untuk memijat semua pemain. Sementara untuk pemberian suplemen dilakukan setiap hari demi mempercepat pemulihan kondisi.

“Idealnya recovery pemain butuh waktu dua hari. Namun, sekarang tidak ada waktu yang ideal. Apalagi langsung menjalani laga tandang yang cukup jauh,” ujar Nanang.

Jadwal pertandingan Piala Presiden 2019 sejak perempat final memang padat, mengingat turnamen akan menggelar finalnya pada 9 dan 12 April, atau sekitar lima hari sebelum pemilihan Presiden.

Jarak antara dua kandang tim peserta Piala Presiden 2019 juga menjadi kendala tersendiri, mengingat dibanding pertemuan Persebaya dan Madura United yang sama-sama digelar di Jawa Timur, Arema harus melintasi lautan untuk tiba di venue kandang Kalteng Putra.

 

Video Populer

Foto Populer