Sukses


Berantas Pengaturan Skor, Wasit Liga 1 2019 Bakal Dikelola Badan Independen

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat terobosan pada Liga 1 2019. Direktur Utama interim PT LIB, Dirk Soplanit, mengaku pihaknya akan membentuk badan independen yang akan mengelola wasit demi menghindari adanya praktek pengaturan skor.

Badan independen itu nantinya merupakan organisasi khusus wasit. Di sana terdapat orang-orang yang akan mengawasi dan mengevaluasi kinerja wasit.

Ini menjadi terobosan baru yang dilakukan PT LIB untuk memberantas pengaturan skor. Seperti diketahui, pada musim lalu sepak bola Indonesia dikejutkan dengan adanya beberapa kasus pengaturan skor yang melibatkan oknum wasit.

"Salah satu yang akan kami lakukan nanti untuk mengindari praktek pengaturan skor, yakni melahirkan badan independen yang akan mengelola wasit,” kata Dirk Soplanit kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/5/2019).

"Jadi, wasit ini tidak lagi dikelola oleh PSSI, atau pun Liga. Mereka nanti dilepas dalam bentuk badan independen. Rapat Exco juga sudah mengambil keputusan, bentuk organisasinya sudah, tinggal membentuk orang-orangnya. Jadi nanti bentuk organisasi itu ada komisionernya, kemudian ada pengelolanya," ucap Dirk.

Liga 1 2019 dijadwalkan dimulai pada Rabu (15/5/2019). Sebanyak 18 klub akan tampil dan masing-masing memiliki 34 pertandingan untuk membuktikan yang terbaik di Indonesia hingga Desember 2019.

Video Populer

Foto Populer