Sukses


Terkait Panggilan ke Timnas Indonesia, Sekjen PSSI Jawab Protes Persebaya dan Madura United

Bola.com, Bogor - Dua klub Shopee Liga 1 2019 asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya dan Madura United keberatan melepas pemain ke Timnas Indonesia untuk uji coba melawan Vanuatu pada 15 Juni 2019. Alasannya sangat masuk akal. Periode tersebut tidak termasuk FIFA Matchday.

Meski begitu, Persebaya serta Madura tetap mengirimkan para pemain untuk Timnas Indonesia ketika beruji coba menghadapi Yordania pada 11 Juni 2019, mengingat, pertandingan tersebut tercantum dalam kalender internasional.

Adapun, FIFA telah menetapkan rentang waktu 3-11 Juni 2019 sebagai FIFA Matchday. Dengan begitu, uji coba Timnas Indonesia kontra Vanuatu tak berlabel resmi dan klub disebut tidak wajib melepas pemain untuk kepentingan negara.

Persebaya dan Madura United melihat celah itu untuk memanggil pulang pemain mereka dari Timnas Indonesia. Sebab, kompetisi Liga 1 2019 akan kembali dimulai pada 14 Juni 2019 setelah hampir dua pekan diliburkan karena menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Tercatat, tiga pemain Persebaya dipanggil Simon McMenemy, yakni Ruben Sanadi, Hansamu Yama, Irfan Jaya. Madura United juga menyetorkan tiga nama, yakni Zulfiandi, Andik Vermansah, Alberto Goncalves.

"Protes diterima dan Timnas Indonesia tetap jalan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria kepada wartawan di Stadion Pajajaran, Bogor, Sabtu (25/5/2019).

Tisha beralasan bahwa Timnas Indonesia membutuhkan dua uji coba pada periode FIFA Matchday. Namun, waktunya tidak cukup lantaran terpotong libur lebaran.

Maka dari itu, uji coba antara Timnas Indonesia dengan Vanuatu terpaksa digelar pada 15 Juni 2019.

Video Populer

Foto Populer