Sukses


Bersiap Gelar Evaluasi, PSSI Dibanjiri Protes Kinerja Wasit di Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Jumlah wasit Shopee Liga 1 2019 yang dipanggil PSSI akan bertambah. Setelah sebelumnya tujuh pengadil pertandingan yang memimpin pekan kedua dan ketiga mendapatkan atensi dari PSSI, kini siap-siap untuk wasit yang bekerja di pekan ketiga.

Pekan ketiga Liga 1 2019 telah tuntas, ditutup dengan kemenangan Bali United 1-0 atas Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (31/5/2019). Sejumlah kejadian kontroversial menjadi perhatian d PSSI. Termasuk, aksi brutal gelandang Persebaya Surabaya, Elisa Basna, kepada bek PSIS Semarang, Fredyan Wahyu.

Saat Persebaya bertemu PSIS di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (30/5/2019), Basna terlihat dengan sengaja menjulurkan kakinya ke perut Fredyan Wahyu. Ironis, wasit Moch. Adung hanya mengganjar sang pelaku dengan kartu kuning.

Padahal, aksi Basna sangat membahayakan keselamatan Fredyan Wahyu. Ketegasan wasit pada peristiwa seperti ini diuji agar pemain tak semena-mena dalam melanggar pemain lawan.

"Pada 10 Juni 2019, kami akan mengevaluasi wasit dari pekan pertama hingga ketiga Liga 1 2019. Akan ada beberapa nama wasit yang dipanggil," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

"Akan kami panggil dan evaluasi. Bukan berdasarkan kasus per kasus atau yang menjadi atensi saat ini. Di tahun ini, di setiap pekannya akan ada evaluasi untuk wasit," kata Tisha.

Selain aksi mengerikan Basna ke Fredyan Wahyu, sejumlah kejadian yang mengundang perhatian pada pekan ketiga Liga 1 2019 adalah ketidakpuasaan klub terhadap kepemimpinan wasit. PSIS, misalnya. Tim berjulukan Mahesa Jenar itu telah melaporkan Moch. Adung ke PSSI karena tidak puas dengan keputusannya ketika berhadapan dengan Persebaya.

Video Populer

Foto Populer