Sukses


Meraba Starting XI Timnas Indonesia Vs Yordania

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membawa 21 dari total 25 pemain untuk menghadapi Yordania pada uji coba berlabel FIFA Matchday di Amman International Stadium, Yordania, Selasa (11/6/2019).

Tiga pemain yang dipulangkan McMenemy terdiri dari Teja Paku Alam, Ricardo Salampessy, dan Irfan Jaya, dengan Stefano Lilipaly tidak jadi bergabung karena berkutat dengan cedera.

Selain itu, McMenemy juga menyertakan lima pemain baru yang tak memperkuat Timnas Indonesia pada uji coba terakhir kontra Myanmar. Kelimanya adalah Awan Setho, Achmad Jufriyanto, Ramdani Lestaluhu, Alberto Goncalves, dan Irfan Bachdim.

"Ada dua target yang kami cari lewat pertandingan ini. Pertama, kami harus memastikan pemain harus tampil sesuai dengan yang kami inginkan," ujar McMenemy.

"Kedua, kami ingin ada persiapan yang bagus dan menganggap ini sebagai simulasi untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Saya mau pemain tahu apa yang harus mereka lakukan ketika berada di lapangan, bahkan juga di luar lapangan," kata arsitek asal Skotlandia itu.

Berkaca dari latih tanding kontra Myanmar, McMenemy diyakini akan mempertahankan pola 3-4-3. Bola.com pun mencoba meraba pemain utama Timnas Indonesia ketika menantang Yordania.

2 dari 6 halaman

Kiper

Andritany Ardhiyasa

Menetapkan Andritany Ardhiyasa sebagai kiper utama Timnas Indonesia bukan suatu pilihan. Melainkan, sebagai keharusan.

Selain pesaingnya, Awan Setho Raharjo yang masih hijau di level internasional. Andritany adalah kapten Timnas Indonesia era McMenemey. Dalam dua musim terakhir, penjaga gawang berusia 27 tahun ini turut membawa klubnya, Persija Jakarta, meraih predikat tim terminim kebobolan.

3 dari 6 halaman

Belakang

Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin

Dua pemain, Yanto Basna dan Hansamu Yama diyakini telah mengunci dua tempat dalam pakem tiga bek Timnas Indonesia. McMenemy tinggal memilih satu lagi. Satu pos kemungkinan besar akan dipercayakan kepada Ricky Fajrin.

McMenemy total membawa empat bek tengah untuk menghadapi Yordania. Selain ketiga pemain di atas, masih ada Achmad Jufriyanto. Bek Persib Bandung ini diperkirakan akan menjadi pelapis.

4 dari 6 halaman

Tengah

Yustinus Pae, Rizky Pellu, Evan Dimas, Ruben Sanadi

Empat pemain tengah ketika menghadapi Myanmar, berpeluang kembali tampil bersama ketika berhadapan dengan Yordania. Yustinus Pae dan Ruben Sanadi akan mengisi posisi dua wing back sayap.

Duet Rizky Pellu dan Evan Dimas juga diprediksi dipertahankan McMenemy. Dua pemain di atas tampil garang mendominasi lini tengah Timnas Indonesia saat mengecundangi Myanmar.

5 dari 6 halaman

Depan

Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves, Andik Vermansah

Tanpa Stefano Lilipaly yang cedera, pos winger kiri Timnas Indonesia berada di tangan Andik Vermansah. Tugas pemain Madura United ini ialah mengacak-ngacak bek sayap Yordania.

Saat Greg Nwokolo menghilang, penggantinya sebagai juru gedor tak kalah sepadan. Adalah Alberto Goncalves, koleganya di Madura United, yang layak dibebani McMenemy sebagai predator Timnas Indonesia.

Satu lagi pos winger sayap kanan yang penghuninya telah tetap ialah Riko Simanjuntak. Pemain Persija Jakarta ini akan memanjakan Beto Goncalves dengan umpan-umpannya.

6 dari 6 halaman

Formasi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (k); Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin (b); Yustinus Pae, Rizky Pellu, Evan Dimas Darmono, Ruben Sanadi (t); Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves, Andik Vermansah (d)

Video Populer

Foto Populer