Sukses


Tim Pelajar Indonesia U-16 Terbentuk, Siap Berprestasi Lagi di Gothia Cup China 2019

Bola.com, Jakarta - Tim Pelajar Indonesia U-16 telah terbentuk dengan 18 pemain utama ditetapkan untuk mengikuti turnamen usia muda Gothia Cup China 2019 di Qingdao pada 9-18 Agustus mendatang. Manajer tim, Fary D. Francis, mengaku optimistis tim ini bisa menjadi juara seperti pada tahun lalu.

Dari 18 pemain yang akan dikirim ke China, empat di antaranya berasal dari Trisakti FC Jakarta, yaitu Aji Faji, Nadhif G. Kosasih, Ezra Siahaan, dan Surya Dharma, di mana mereka semua berhasil membawa timnya menjuarai Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 di Bali.

Selebihnya, pemain terpilih berdasarkan hasil rekomendasi tim talent scouting pada Seri Nasional di Bali tahun lalu. Ada Ilham A. Prasetyo dan Mahardika S. Sanaji yang tahun lalu membawa Persebaya ke final sebagai wakil Jawa Timur.

Ada pula Iryanto Wandik, pemain SSB Mambruk dari Papua Barat yang tahun lalu jadi top scorer Seri Nasional. Sementara dari Binjai United, Sumatra Utara, terpilih bek jangkung Akbar B. Prasetyo.

Sementara itu NTT meloloskan dua pemain Bintang Timur Academy: Cristian Fernando dan Daffa Ayatulah Imani. Bergabung dengan Fadel Muhammad dari Sulawesi Barat, M. Alif Saviola dari Riau, dan lain-lain.

Namun, tak hanya 18 pemain tersebut, tim pelatih juga mempersiapkan sejumlah pemain yang bisa menjadi pengganti sebagai bentuk antisipasi jika ada pemain yang cedera sebelum keberangkatan. "Selain 18 pemain utama, kami menyiapkan 6 hingga 7 pemain dalam daftar tunggu," ujar sang pelatih, Maman Suryaman.

"Selain itu juga ada kekhawatiran ada pemain yang tidak bisa berangkat karena berbenturan dengan kegiatan lain atau kesulitan dalam pengurusan dokumen, termasuk paspor," lanjutnya.

Sebelum ke China, para pemain Tim Pelajar Indonesia U-16 akan menjalani pemusatan latihan lebih dulu di Jakarta pada 4-8 Agustus 2019. Selanjutnya langsung menuju Qingdao dan berkompetisi di sana pada 9-18 Agustus 2019.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Optimistis Juara

Manajer Tim Pelajar Indonesia U-16, Fary D. Francis, mengungkapkan kepercayaan dirinya terhadap materi skuat yang akan dibawanya ke China. Menurutnya, dengan adanya sejumlah pemain yang menjadi juara di Liga Pelajar U-16 2018, Tim Pelajar Indonesia U-16 punya kans besar untuk mengulang sukses juara seperti di Piala Gothia tahun lalu.

"Saya kira materi tim ini cukup bagus dan menampilkan keragaman asal daerah di Tanah Air," kata Fary D. Francis, Ketua Komisi V DPR-RI, yang dipercayai jadi manajer tim.

"Apalagi kerangka timnya ada para pemain Trisakti FC yang tahun lalu juara Liga Pelajar U-16. Saya optimistis bisa juara di Gothia China," tegasnya.

Fary memang memiliki catatan positif saat mengelola tim pelajar berturnamen di luar negeri. Ia juga menjadi manajer saat Tim Pelajar U-16 binaan Kemenpora juara Gothia Cup China 2018 dan saat menjuarai Borneo Cup 2017 di Kinabalu, Malaysia.

Pada turnamen Gothia Cup China 2018, Tim Pelajar Indonesia U-16 akan bersaing di kategori usia Boys 16. "Kami masih menunggu hasil drawing. Belum tahu nanti siapa saja yang menjadi lawan-lawan kami," ujar Maman sang pelatih.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer