Sukses


Fakta Luar Biasa Liga AYO Jakarta 2019: Liga Amatir Pertama Yang Punya 3 Level Divisi

Bola.com, Jakarta - Liga AYO Jakarta musim 2019 tengah bergulir. Kompetisi yang dimulai akhir pekan lalu memiliki 'sensasi' tersendiri. Bagaimana tidak, meski berstatus kompetisi amatir, Liga AYO Jakarta 2019 memiliki tiga level divisi, yakni divisi 1, 2 dan 3.

Tak heran jika Liga AYO Jakarta 2019 bisa disebut sebagai liga amatir pertama di Indonesia yang memiliki 3 layer sekaligus. Hebatnya, seluruh pertandingan berlangsung secara serentak di lokasi yang berbeda-bebda.

Tak heran jika pada setiap periode pertandingan, banyak laga yang menarik. Satu di antara laga yang mendapat atensi adalah pekan perdana antara Kalibata FC kontra Kesebelasan FC.

Pertarungan kedua tim membawa gengsi sekaligus pembuktian sang juara bertahan, Kalibata FC, versus tim promosi dari Divisi 2 Liga AYO Jakarta, Kesebalasan FC. Pertarungan berlangsung ketat, dan tergambar dari hasil akhir: 2-2.

Hasil mengejutkan tersebut membuat persaingan semakin ketat, terutama pada Divisi 1 Liga AYO Jakarta Pool Putih. Hasil imbang membuat Kalibata FC berada di peringkat 4 klasemen sementara, di bawah sang pemuncak, Legend FC, Kayden FC dan Public Health. Sedangkan Kesebelasan FC berada di posisi ke-5.

Pada musim 2019, Liga AYO Jakarta memasuki musim ke-4. Kompetisi ini tergolong sukses, menjadi buah bibir dan berujung menjadi magnet bagi klub-klub yang ada di seputar Jakarta guna mengikuti liga amatir tersebut. Tidak tanggung-tanggung, jumlah klub naik 4 kali lipat dibanding musim lalu.

 

2 dari 2 halaman

48 Tim

Saat ini, Liga AYO Jakarta terdiri dari Divisi 1 Pool Merah dan Divisi 1 Pool Putih, lalu Divisi 2 Pool Merah serta Divisi 2 Pool Putih. Selain itu, ada Divisi 3 yang berdiri sendiri. Bnyaknya peminat Liga AYO Jakarta 2019 menunjukkan sepak bola amatir mengalami pertumbuhan pesat.

Total, peserta Liga AYO Jakarta 2019 mencapai 48 tim, dengan 20 di antaranya ada di Divisi 1. Mereka terdiri atas Cerberus FC, Garuda Mas FC, Jugador FC, Makuta Jaya FC, North Blue FC, Royal City FC, Panglima FC, FDSI FC, Mitra DS, BPN FC dan Public Health FC. Ada juga Tridente FC, Hardwork FC, Kalibata FC, Kayden FC, Petarung FC, PHPFC, Red Army FC, Legend FC, dan Kesebelasan FC.

Sementara itu, 20 tim yang ada di Divisi 2 Liga AYO Jakarta 2019 antara lain Baja FC, RMB Jr. FC, Lapebe FC, Yamos Matraman, Seafarer FC, C-UKI, Poltangan Raya FC, Bintang Putra FC dan Red Star FC. Selain itu, masih ada Ceria Timur FC, Flexible FC, North Patriot Flame, Murtado FC, New Village FC, Bridge Army Junior, Iklas FC, Cheza FC, Pasma FC, Kebsay FC, dan Bhakti FC.

Terakhir, ada 8 klub peserta yang masuk dalam jajaran Divisi 3 Liga AYO Jakarta 2019, yakni Niffler FC, Seller FC, Slengky Cobra, Hottel Soccer FC, UCAM Indonesia, Borobudur Muda FC, Savy FC, dan Pubball de’ Nusantara. Sistem ranking pada Liga AYO Jakarta 2019 hampir sama dengan liga pada umumnya.

Namun, secara spesifik, 4 klub dengan ranking teratas akan promosi. Sedangkan 4 klub terbawah pada klasemen akhir akan degradasi. Liga AYO Jakarta 2019 bakal memakan waktu sekitar 3-4 bulan.

Pada sisi lain, keberadaan AYO Indonesia, yang menjadi operator beberapa Liga Ayo di berbagai daerah sekaligus, membawa perubahan besar. Hal itu berdampak pada segmen klub-klub amatir.

 

 

Video Populer

Foto Populer